Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDIT Qurrota A'yun Tahun Ajaran 2021/2022

Nurfaiddah, Melyna (2022) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDIT Qurrota A'yun Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
THESIS_203180075_MELYNA N.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nurfaiddah, Melyna. Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dan Motivasi Terhadap Hasil
Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDIT Qurrota A’yun Tahun
Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Trbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Dr. Andhita Dessy W., M. Si.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Dalam proses pembelajaran pasti tidak akan lepas dari namanya aktivitas yang berkaitan
dengan guru dan siswa. Proses penyampaian materi dalam pembelajaran tidaklah berjalan
dengan baik jika tidak ada campur tangan dan semangat belajar dari siswa. Dalam pembelajaran
dibutuhkan suasana yang baik dan kondusif, untuk menciptakan suasana tersebut dibutuhkan
kerja sama yang baik antara guru dan siswa. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
berjalannya proses pembelajaran, seperti kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, banyak
siswa yang masih kurang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung. kurangnya minat siswa
terhadap proses pembelajaran, banyak siswa yang masih merasa kesulitan dalam memahami
pembelajaran, kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) untuk mengetahui pengaruh
penerapan metode demonstrasi siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Tahun Ajaran 2021/2022; (2)
mengetahui motivasi belajar siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Tahun Ajaran 2021/2022; (3)
mengetahui hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Tahun
Ajaran 2021/2022; (4) mengetahui metode demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Tahun Ajaran
2021/2022; (5) mengetahui motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar
Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Tahun Ajaran 2021/2022; (6)
mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi dan motivasi terhadap hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam pada siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini
menggunakan jenis penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini, menggunakan teknik kuesioner atau angket dan dokumentasi. Jumlah responden
yang digunakan sebanyak 64 siswa dari banyaknya responden di dapat teknik pengambilan
sampel yaitu menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat keasalahan 5%. Intrumen
pengumpulan data, yaitu menggunakan angket penerapan metode demonstrasi dan angket motivasi belajar. Penelitian ini dalam teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana
dan regresi linier berganda.
Hasil pengujian dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan metode demonstrasi memiliki
pengaruh yang normal dan dominan terhadap kelas V SDIT Qurrota A’yun tahun ajaran
2021/2022 dengan presentase presentase baik sebesar 23%, cukup baik sebesar 69% d, dan
presentase 8%; (2) Motivasi belajar memiliki pengaruh yang dominan terhadap siswa kelas V
SDIT Qurrota A’yun tahun ajaran 2021/2022 dengan presentase presentase baik sebesar 23%,
cukup baik sebesar 69%, dan presentase 8%; (3) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam
dikategorikan sebagai hasil belajar yang baik dengan nilai terendah yang didapatkan 1 siswa
dengan nilai 50, sedangkan yang mendapatkan nilai tertinggi dengan skor 100 ada 4 siswa
dengan presentase baik 11%, cukup baik 69%, dan kurang baik 20%; (4) Penerapan metode
demonstrasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam
siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun tahun ajaran 2021/2022. Dengan presentase pengaruh 15,7%;
(5) Motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Alam siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun tahun ajaran 2021/2022. Dengan presentase sebesar
12,3%; (6) Secara simultan penerapan metode demonstrasi dan motivasi memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VSDIT Qurrota A’yun
tahun ajaran 2021/2022 dengan presentase sebesar 15,7%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:59
Last Modified: 22 Jun 2022 04:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

View Item View Item