PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SD TARBIYATUL ISLAM KERTOSARI PONOROGO

Azizah, Wafa Nur (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SD TARBIYATUL ISLAM KERTOSARI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180127_WAFA NURAZIZAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wafa Nurazizah, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil
Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo Tahun
2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Beljar.
Pada saat ini peserta didik cenderung kurang memahami materi yang disampaikan oleh
guru yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan capaian pembelajaran. Hal ini
disebabkan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru bersifat kurang efektif dalam
mengaplikasikan pada kegiatan belajar mengajar. Pada pembelajran IPS seharusnya guru
melibatkan siswa untuk aktif seperti kerja kelompok agar menjadikan siswa lebih mudah dalam
memahami materi. Sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS
pada Kelas IV di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo dalam meningkatkan hasil
belahar siswa perlu adanya inovasi dalam penerapan model pembelajaran.
Tujuan dalam penelitian in yaitu untuk mengeahui hasil belajar pada aspek kognitif siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas
IV di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan mengumpulkan data
melalui tes soal (post-test). Setelah data diperoleh kemudian data dianalisi uji, uji-t dan uji
ANOVA yangsudah dilakukan uji nrmalitas dan homogenitas pada data tersebut. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 42 peserta diidik kelas IV ang dibedakan menjadi 2 kelas yang
menggunakan model pembelajaran koperaif tipe jigsaw dan model pembelajaran konvensioanl.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Nilai rata-rata hasil belajar siwa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu 74,76. 2) berdasarkan hasil
penelitian dikeahui bahwa nlai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran konensional yaitu 44,76. 3) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model
pembelajaran koopeatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan
diperolehnya nilai signifikan 0,000. Karena 0,000 0,05 atau ttabel thitung maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil elajar siswa pada aspek
kogntif dalam penggunaan model pembelaaran kooperatif tipe jigsaw. 4) berdasarkan hasil uji
Anova diketahui bahwa berbeda antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
dan model pembeljaaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai signifikan 0,00
0,05 maka dapat disimpulakan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa
pada aspek konitif dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:52
Last Modified: 22 Jun 2022 04:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19645

Actions (login required)

View Item View Item