Nilai Peduli Sosial dalam Film Jembatan Pensil dan Relevansinya dengan Pembentukan Karakter Empati Peserta Didik di MI

Rahmat, Yuli Anjarwati (2022) Nilai Peduli Sosial dalam Film Jembatan Pensil dan Relevansinya dengan Pembentukan Karakter Empati Peserta Didik di MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180131_Yuli Anjarwati Rahmat_PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmat, Yuli Anjarwati. 2022. Nilai Peduli Sosial dalam Film Jembatan Pensil dan Relevansinya dengan Pembentukan Karakter Empati Peserta Didik di MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Peduli Sosial, Jembatan Pensil, Empati
Pendidikan merupakan salah satu kunci terpenting dalam pembangunan dan pembentukan kualitas kepribadian warga negara. Generasi muda mengalami krisis moral dan kepribadian yang luar biasa seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman. Mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran untuk menciptakan generasi muda yang berkepribadian luhur menjadi tantangan dalam dunia pendidikan saat ini. Pembentukan karakter dalam pembelajaran dapat menggunakan strategi yang memudahkan pemahaman peserta didik. Secara opsional, media berbasis teknologi seperti film dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik. Salah satunya, yaitu Film Jembatan Pensil. Film Jembatan Pensil merupakan film pendidikan yang khususnya menggambarkan nilai pendidikan karakter.
Adapun penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) nilai peduli sosial dalam Film Jembatan Pensil karya Hasto Broto, dan (2) relevansi nilai peduli sosial dalam Film Jembatan Pensil dengan pembentukan karakter empati peserta didik di MI. Selanjutnya, penelitian ini merupakan penelitian jenis kepustakaan (library research) dengan teknik analisis isi. Sumber yang digunakan adalah Film Jembatan Pensil. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis data dalam Film Jembatan Pensil antara lain (1) nilai peduli sosial dalam film Jembatan Pensil, yaitu membela seseorang yang dirundung, tolong menolong, ikhlas memberikan bantuan, setia kawan, saling support, berbagi, tenggang rasa, dan gotong royong, (2) nilai-nilai peduli sosial dalam film Jembatan Pensil memiliki relevansi dalam pembentukan karakter empati peserta didik di MI. Pembentukan karakter empati peserta didik dapat dikembangkan melalui media pembelajaran yang digunakan. Melalui nilai peduli sosial yang terdapat dalam film Jembatan Pensil, peserta didik akan lebih mudah memahami pesan-pesan yang terkandung dalam film dan menirunya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:51
Last Modified: 22 Jun 2022 04:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item View Item