..(LENGKAPI FILE DENGAN MENCANTUMKAN BAB V, DAN LENGKAPI WATERMARK SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DRILL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF POLOREJO

Maharani, Vivi Restiana (2022) ..(LENGKAPI FILE DENGAN MENCANTUMKAN BAB V, DAN LENGKAPI WATERMARK SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DRILL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF POLOREJO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180242_VIVI RESTIANA MAHARANI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perbandingan penggunaan metode Drill dengan metode diskusi kelompok pada soal pemecahan masalah matematika.Hal yang melatarbelakangi adanya penelitian ini adalah rendahnya kemampuan masalah siswa yang ditinjau dari hasil belajar siswa dan metode yang kurang tepat. Dengan menggunakan metode Drill diyakini mampu lebih baik dibandingkan metode lainnya karena dengan menggunakan metode Drill siswa akan terbiasa mengerjakan soal pemecahan masalah matematika.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan metode Drill, kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan komparasi penggunaan Drill dengan metode diskusi kelompok terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen jenis control group pre-test and post-test. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa wawancara dan tes, sedangkan pada teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent sample t test. Populasi pada penelitian ini mencangkup seluruh siswa kelas V dengan jumlah 56 anak. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dengan jumlah 28 anak sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VB dengan jumlah 28 anak sebagai kelas eksperimen.
Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.Hal ini dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji Independent sample t test secara statistik memiliki signifikan 0,000 yang berarti nilai signifikansi kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan antara menggunakan metode Drill dengan metode diskusi kelompokterhadap kemampuan memecahkan masalahpada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo.
Kata Kunci: Komparasi, Metode Drill, Metode Diskusi Kelompok, Kemampuan memecahkan masalah, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:49
Last Modified: 22 Jun 2022 04:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

View Item View Item