...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Google Form sebagai Media Pembelajaran Daring dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma'arif 1 Ponorogo

Zanahari, Faizal Syahrul (2022) ...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Google Form sebagai Media Pembelajaran Daring dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma'arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180078_Faizal Syahrul Z_PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zanahari, Faizal Syahrul. 2022. Pengaruh Pengggunaan Google Form sebagai Media Pembelajaran Daring dan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci : Google Form, Kedisiplinan, Hasil Belajar.
Hasil belajar merupakan sebuah tolak ukur sejauh mana pemahaman siswa terkait materi pembelajaran yang sudah diajarkan oleh gurunya. Pencapaian hasil belajar tentunya akan berbeda-beda, tergantung usaha tiap individu. Berdasarkan hasil observasi awal, peneliti menemukan bahwa hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo terdapat nilai rata-rata yang kurang dari kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini penting dilakukan mengingat hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Secara garis besar ada 2 faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal (faktor yang ada dalam diri peserta didik itu sendiri) yang terdiri dari faktor jasmaniah dan faktor psikologis, sedangkan faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar peserta didik) terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan penggunaan google form sebagai media pembelajaran dan kedisiplinan siswa yang merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Hal inilah yang menarik peneliti untuk meneliti apakah benar penggunaan google form sebagai media pembelajaran dan kedisiplinan siswa mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penggunaan google form sebagai media pembelajaran daring siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (2) Mengetahui kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (3) Mengetahui hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (4) Mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan google form sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (5) Mengetahui signifikansi pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (6) Mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan google form sebagai media pembelajaran daring dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data berupa angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 85 responden. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) Penggunaan google form sebagai media pembelajaran daring siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo dalam kategori cukup efektif dengan prosentase 75,29%. (2) Kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo dalam kategori sedang dengan prosentase 71,76%. (3) Hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, dominan dalam kategori sedang dengan prosentase 72,59%. (4) Penggunaan google form sebagai media pembelajaran daring berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo dengan prosentase 31,5%. (5) Kedisiplinan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo dengan prosentase 28,3%. (6) Penggunaan google form sebagai media pembelajaran daring dan kedisiplinan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo dengan prosentase 40,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:44
Last Modified: 22 Jun 2022 04:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19641

Actions (login required)

View Item View Item