Upaya Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Program Kegiatan Keagamaan SMAN 1 Balong, Ponorogo

Wafi, Danish Azizi Fadhlil (2022) Upaya Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Program Kegiatan Keagamaan SMAN 1 Balong, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317303 DANISH AFW.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Wafi, Danish Azizi Fadhlil. 2022. Upaya guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa melalui program kegiatan keagamaan SMAN 1 Balong, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro M.Pd.I.

Kata Kunci: Guru, Karakter, Religius
Secara umum, pendidikan dapat diartikan sebagai upaya yang dengan sadar dirancang untuk membantu individu mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadiannya, sedangkan karakter religius, diartikan oleh Sudrajat sebagai nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat. Pembentukan karakter khususnya karakter religius bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, melainkan juga menanamkan kebiasaan berperilaku baik sehingga anak didik menjadi paham tentang mana benar dan salah, serta mampu merasakan nilai norma yang baik dan terbiasa melakukannya. Di dalam pendidikan itu sendiri terdapat unsur guru. Guru merupakan sosok yang sangat dihormati karena memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Dan guru juga sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal serta membantu membentuk watak peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa melalui program kegiatan keagamaan di SMAN 1 Balong, Ponorogo. (2)Untuk mengetahui dampak upaya guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa melalukia program kegiatan keagamaan di SMAN 1 Balong Ponorogo. (3)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa melalui program kegiatan keagamaan di SMAN 1 Balong, Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta dilaksanakan di SMAN 1 Balong Ponorogo. Dua guru PAI SMAN 1 Balong Ponorogo menjadi narasumber dalam penelitian ini. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunaka teknik model Miles, Huberman, dan Saldana. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan tiangulasi sumber yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh dari beberapa sumber yang ada.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Upaya yang dilakukan guru PAI SMAN 1 Balong Ponorogo merupakan pendekatan berdasarkan keasadaran atau kemandirian peserta didik. Dengan diadakannya program kegiatan keagamaan di sekolah berdasarkan pelaksanaannya dibedakan menjadi dua pembiasaan, yang pertama yaitu kegiatan pembiasaan di dalam pembelajaran, sedangkan yang satunya yaitu di dalam lingkup sekolah. (2) Dampak upaya Guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa dapat dilihat melalui sifat dan perilaku peserta didik berupa: siswa mulai sadar dan terbiasa dalam mengikuti program kegiatan keagamaan di sekolah, kesadaran siswa terus meningkat untuk mengerjakan kewajiban beribadah, peserta didik mampu menunjukkan perilaku berakhlak budi pekerti yang baik, seperti saling menyapa, bersalaman dengan guru, sopan santun, hormat kepada yang lebih tua, dan berperilaku sesuai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. (3) Terdapat faktor pendukung meliputi kepala sekolah, para guru, lingkungan sekolah, sarpras, dan dukungan masyarakat- masyarakat sekitar. Dan juga terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran diri pada peserta didik dan dari pengaruh media massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:11
Last Modified: 22 Jun 2022 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19640

Actions (login required)

View Item View Item