PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI MADRASAH DINIYAH AL-ISTIQOMAH DOHO

Chasanah, Alfa Alfi (2022) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI MADRASAH DINIYAH AL-ISTIQOMAH DOHO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180015 ALFA ALFI CHASANAH PAI.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Chasanah, Alfa Alfi. 2022. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Santri Madrasah Diniyah Al-Istiqomah Doho. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, H. Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci: Peran guru, Kecerdasan emosional, Spiritual

Menurut Daniel Goleman kecerdasan emosional mengandung beberapa pengertian. Pertama, kecerdasan emosional tidak hanya berarti sikap ramah, pada saat tertentu yang diperlukan mungkin bukan sikap ramah, melainkan sikap tegas yang memang tidak menyenangkan, tetapi mengungkapkan kebenaran yang selama ini dihadapi. Kedua, kecerdasan emosi bukan berarti memberikan kebebasan kepada perasaan untuk berkuasa memanjakan perasaan, melainkan mengelola perasaan sedemikian sehingga terekspresikan secara tepat dan efektif, yang memungkinkan orang bekerja sama dengan lancar menuju sasaran bersama. Menurut Dana Zohar dan Ian Marshall kecerdasan spiritual diartikan sebagai suatu kecerdasan pokok yang dapat memecahkan masalah-masalah makna dan nilai, menempatkan tindakan atau jalan hidup dalam konteks yang lebih luas, kaya, dan bermakna. Keadaan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual santri di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah masih sangat labil dan belum bisa mengolah kecerdasan tersebut dengan baik, maka dari itu perlu bimbingan secara intensif dalam mengembangkan kedua kecerdasan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan peran guru sebagai pendidik dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual santri di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah Doho (2) Menjelaskan peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual santri di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah Doho (3) Menjelaskan peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual santri di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah Doho.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah Desa Doho Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun . Sumber data utama penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan. Untuk menemukan data, peneliti menggunakan teknik wawancara kepada Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, 4 guru Madrasah, 2 santri MTs dan 2 wali santri. Selebihnya, data observasi dan dokumentasi dari Madrasah Diniyah Al-Istiqomah Doho. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasilnya adalah: (A) Guru sebagai pendidik di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah berupaya mendidik kecerdasan emosionala dan kecerdasan spiritual para santrinya. Adapun kendala yang dialami yakni kegiatan pembelajaran berlangsung kurang kondusif akan tetapi masih dapat diminimalisirkan. (B) Guru sebagai pembimbing di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah berupaya membimbing kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual para santrinya yakni mampu menghasilkan lulusan yang baik meskipun tidak mencangkup lulusan keseluruannya. (C) Guru sebagai motivator di Madrasah Diniyah Al-Istiqomah berupaya mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual santri dengan cara memberikan dorongan kepada santrinya untuk senantiasa rajin belajar, memberikan arahan yang positif, memberikan semangat belajar, memberikan apresiasi pada santri, memberikan motivasi melalui kisah dari orang-orang sukses terdahulu, memberikan contoh yang baik bagi santri dan memberi peringatan pada santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:07
Last Modified: 22 Jun 2022 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19632

Actions (login required)

View Item View Item