PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMPN 1 MLARAK PONOROGO

MAULA, RISKI ISMATUL (2022) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMPN 1 MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180030_Riski Ismatul Maula_Tadris Ilmu Pengetahua Sosial.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Riski Ismatul Maula. 2022. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar IPS Terpadu

Hasil belajar merupakan hasil akhir proses belajar siswa yang diwujudkan dengan angka ataupun huruf yang digunakan untuk menilai seberapa besar kemampuan siswa dalam belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari jasmani, psikologis, dan kelelahan. Adapun faktor eksternal bersumber dari lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua atau keadaan rumah, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Orang tua memiliki peran yang cukup besar dalam proses pendidikan anak. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh orang tua terhadap anak diantaranya, mendorong dan menganjurkan anak dalam belajar, memberi saran dan fasilitas, membantu anak memecahkan masalah, memberi petunjuk, memberi penghargaan dan hukuman terhadap anak. Lingkungan sekolah juga berperan penting dalam pendidikan. Hasil belajar anak di sekolah dipengaruhi oleh: metode belajar, hubungan guru dengan siswa, hubungan siswa dengan siswa, disiplin sekolah, kurikulum, alat pembelajaran dan waktu sekolah. SMPN 1 Mlarak memiliki sekolah dengan kondisi baik dengan fasilitas yang cukup lengkap akan tetapi terdapat siswa yang belum bisa memaksimalkan penggunaan fasilitas sekolah dengan baik.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa SMPN 1 Mlarak Ponorogo. (2) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa SMPN 1 Mlarak Ponorogo. 3) Mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa SMPN 1 Mlarak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Mlarak siswa kelas VIII dengan jumlah populasi 154 dan sampel 61. Penelitian ini menggunakan media angket dan hasil nilai raport sebagai sarana pengumpulan data. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi yang dilakukan terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana untuk mencari pengaruh masing-masing variabel x terhadap y dan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh x1 dan x2 secara bersamaan terhadap y.
Berdasarkan uji asumsi yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar 14,9%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa sebesar 20,6%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa sebesar 25,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah dan perhatian orang tua memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 1 Mlarak Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:36
Last Modified: 22 Jun 2022 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19630

Actions (login required)

View Item View Item