Penerapan Student Team Achievement Division dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Materi Shalat Jama dan Qashar pada Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Pelajaran 2021/2022

Susana, Melinda Eka (2022) Penerapan Student Team Achievement Division dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Materi Shalat Jama dan Qashar pada Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susana, Melinda Eka. 2022. Penerapan Student Team Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Materi Shalat Jama’ dan Qashar Pada Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Hasil Belajar, Fiqih.
Dalam kegiatan belajar mengajar penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi sangat penting bagi seorang guru untuk menarik perhatian siswa. Kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah suatu hal yang sangat diinginkan oleh siswa, apabila siswa bersemangat dan antusias dalam mengikuti sebuah pembelajaran tidak dapat dipungkiri hasil belajar siswa akan meningkat. Akan tetapi, fenomena yang saat ini masih banyak terjadi adalah hasil belajar siswa yang tidak maksimal. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siswa di dalam kelas VII B MTs Muhammadiyah 2 Jenangan terdapat beberapa siswa yang masih memperoleh nilai di bawah rata-rata khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan hanya berpusat pada guru, sehingga menjadikan siswa pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan penerapan Student Team Achievement Division.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan Student Team Achievement Division dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih materi Shalat Jama’ dan Qashar pada siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang pelaksanaannya dilakukan secara langsung dan bertahap oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Muhammadiyah 2 Jenangan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap urutan kegiatan penelitian ada 4 yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Dari hasil penelitian, penerapan Student Team Achievement Division dimulai dari guru menjelaskan materi. Setelah guru selesai menjelaskan materi, siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Selanjutnya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi. Selanjunya, setiap kelompok diberikan tugas dan dikerjakan bersama anggota kelompoknya. Setiap anggota yang tahu terkait materi harus menjelaskan kepada anggotanya sampai semuanya paham. Kemudian guru meminta setiap siswa memilih perwakilan dari kelompoknya untuk mempresentasikan hasil dari tugas yang telah dikerjakan bersama anggota kelompoknya. Selesai presentasi, guru memberikan kuis kepada seluruh siswa dan siswa tidak boleh saling membantu. Bagi siswa yang bisa menjawab kuis akan memperoleh skor tambahan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan penerapan Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi Shalat Jama’ dan Qashar pada siswa kelas di VII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Hal ini terbukti setelah diterapkannya Student Team Achievement Division persentase hasil belajar siswa terus meningkat di setiap siklus. Persentase pada siklus I sebesar 62,5%, kemudian pada siklus II sebesar 87,5%, lalu pada siklus III persentase meningkat sampai 100%. Dengan demikian kegiatan pembelajaran di setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:22
Last Modified: 22 Jun 2022 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19628

Actions (login required)

View Item View Item