...(SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI MELALUI PROGRAM IMAMAH DAN DAKWAH (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo)

Sholihin, Wildan (2022) ...(SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI MELALUI PROGRAM IMAMAH DAN DAKWAH (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Wildan 210317280 Baru. Persetujuan Publikasi.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholihin, Wildan. 2022. Upaya Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) Santri Melalui Program Imamah dan Dakwah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Santri, Public Speaking, Imamah dan Dakwah.
Penelitian ini berangkat dari adanya temuan peneliti terkait program Imamah dan Dakwah yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo ternyata memberikan dampak yang cukup signifikan dalam meningkatkan kemampuan public speaking santri. Mengingat begitu banyaknya santri ketika usai keluar dari Pondok Pesantren mengalami kegagapan dalam berbicara di depan umum. Padahal mereka memiliki peran penting di masyarakat dan seringkali menjadi rujukan masyarakat dalam hal kegiatan yang bernuansa keagamaan. Program Imamah dan Dakwah sendiri bersifat wajib dan diperuntukkan untuk kelas VI akhir KMI dan dilaksanakan pada semester dua. Program Imamah dan Dakwah cukup berdampak pada peningkatan kemampuan santri dalam berbicara di muka umum. Seperti Muhammad Zuhril Mubarok alumni tahun 2012 pondok pesantren Al-Iman Putra Ponorogo menjadi remaja masjid dan marbot di masjid Al-Muhajirin Jl.Bunga Cengkeh No.50 Malang. Ia menjadi penggerak Masjid bahkan mendapat jadwal sebagai imam sekaligus khatib. Ia juga bertugas mengatur jalannya kegiatan jama’ah, seperti kajian kitab rutin setiap pekan, peringatan Hari Besar Islam, Taman Pendidikan Al-Quran, kegiatan Ramadhan, Jum’at berkah dan sebagainya.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan lebih jauh bagaimana kemampuan public speaking Santri di pondok pesantren Al-Iman Putra Ponorogo; 2) untuk menjelaskan pelaksanaan program kegiatan Imamah dan Dakwah di pondok pesantren Al-Iman Putra Ponorogo; 3) untuk menjelaskan bagaimana implikasi program kegiatan Imamah dan Dakwah yang ada di pesantren tersebut terhadap kemampuan public speaking santri. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan teori public speaking.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa: 1) pada awalnya kemampuan public speaking santri relatif rendah. Namun seiring dengan berjalannya program kegiatan Imamah dan Dakwah, para santri Al-Iman putra ternyata menunjukkan kualitasnya. Mereka mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Para santri yang awalnya sebagian besar gugup dan insecure untuk berbicara di depan publik, akhirnya dapat dengan percaya diri tampil setelah melalui latihan secara berkala. Melalui proses latihan yang tekun dan konsisten didampingi pembimbing yang menemani proses para santri, akhirnya kemampuan public speaking santri Al-Iman putra pasca program tersebut meningkat secara signifikan; 2) pelaksanaan program Imamah dan Dakwah diawali pembagian kelompok, penentuan jadwal dan tugas, pembuatan materi, praktik dan diakhiri oleh evaluasi/koreksi dari materi yang sudah dipraktekkan; 3) program kegiatan pesantren seperti Imamah dan Dakwah ini ternyata sangat menunjang kemampuan public speaking santri. Dengan proses gemblengan dan didikan secara berkesinambungan dan sistematis, akhirnya para santri cukup cakap dalam berinteraksi di muka publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:20
Last Modified: 22 Jun 2022 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19626

Actions (login required)

View Item View Item