Sistem Informasi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Di MAN 2 Ponorogo

Ayni, Nisa Nur (2022) Sistem Informasi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180047_Nisa Nur Ayni_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ayni, Nisa Nur. 2022. Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di MAN 2 Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag.

Kata Kunci: SIM, Mutu Layanan
Peningkatan mutu pelayanan terpadu satu pintu merupakan usaha perbaikan dan pengembangan layanan informasi dan administrasi pendidikan untuk mencapai pelayanan publik yang bermutu. Akan tetapi belum semua lembaga pendidikan melaksanakan atau menerapkan sistem informasi manajemen yang baik guna meningkatkan mutu layanan publik. Seperti kabar yang dimuat oleh yoursay.id, dipertengahan tahun 2019 Ahmad Alam Saragih selaku anggota ombudsman menyampaikan bahwa tingkat kualitas pelayanan publik semakin rendah, mekanisme penerimaan keluhan masyarakat juga belum dibuat secara sistematis. Begitu juga dengan keadaan pelayanan informasi dan administrasi di MAN 2 Ponorogo sebelum hadirnya PTSP, pelayanan belum terpadu dan terintegritas sehingga mekanisme pelayanan masih dianggap kurang efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian singkat di atas, peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan 1) Perencanaan sistem infromasi manajemen dalam peningkatan mutu pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di MAN 2 Ponorogo, 2) Penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di MAN 2 Ponorogo, 3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Proses pengumpulan data peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing or verifications (penarikan kesimpulan atau verifikasi). Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan sistem informasi manajemen dalam program pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) memiliki beberapa tahapan meliputi a) penjelaskan dan merinci tujuan yang ingin dicapai, b) Memberikan pegangan dan menetapkan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, c) organisasi memperoleh standar sumber daya terbaik dan mendayagunakan sesuai tugas pokok fungsi yang telah ditetapkan, d) menjadi rujukan anggota organisasi dapal melaksanakan aktivitas yang konsisten prosedur dan tujuan, e) memberikan batas kewenangan dan tanggung jawab bagi seluruh pelaksana, f) memonitor dan mengukur berbagai keberhasilan secara internship sehingga bisa menemukan dan memperbaiki penyimpangan secara dini. (2) Penerapan, pada proses ini dimulai dari pengorganisasian karyawan-karyawati, sarana pendukung. Selanjutnya penggerakan karyawan-karyawati dengan memberikan mereka otoritas serta menginspirasi dalam usaha mencapai tujuan. Selanjutnya dilakukan evaluasi guna perbaikan dan pengembangan sistem lebih baik lagi. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan sistem informasi manajemen di MAN 2 Ponorogo. Faktor pendukung meliputi sarana prasarana yang memadai, SDM yang mumpuni, sumber dana yang mencukupi. Faktor penghambat muncul dari adanya pembaharuan sistem dan juga finansial dalam mendukung pembaharuan sistem tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:37
Last Modified: 23 Jun 2022 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19619

Actions (login required)

View Item View Item