IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI MTS AN-NAJIYYAH LENGKONG

Fitriana, Ferra (2022) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI MTS AN-NAJIYYAH LENGKONG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180317_FERRA FITRIANA_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fitriana, Ferra, 2022. Implementasi Metode Diskusi Dalam Membentuk Keterampilan
Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Di MTs An-Najiyyah Lengkong. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA.
Kata Kunci: Metode Diskusi, Keterampilan Berpikir Kritis, Akidah Akhlak
Penelitian ini membahas tentang implementasi metode diskusi dalam membentuk
keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana metode
diskusi itu dapat memberikan dampak bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan
berpikir kritisnya dalam dunia pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam
membentuk keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Materi Iman Kepada Malaikat di MTs An-Najiyyah Lengkong; (2) mendeskripsikan dampak
selama penggunaan metode diskusi dalam membentuk keterampilan berpikir kritis siswa kelas
VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Malaikat di MTs An-Najiyyah
Lengkong; (3) mendeskripsikan berbagai hambatan guna membentuk keterampilan berpikir
kritis siswa kelas VII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Malaikat di
MTs An-Najiyyah Lengkong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan 3 tahapan Miles dan Hubermen
berupa reduksi data, Display Data (penyajian data) dan Penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa untuk membentuk
keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat dilakukan dengan
cara memilih metode pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini, pemilihan metode diskusi dapat
membantu siswa dalam berpikir kritis dan logis, untuk memutuskan suatu perkara dan melatih
diri agar senantiasa berpikir positif untuk menghargai pendapat dari orang lain dan
mengutarakan pendapat maupun sanggahan dengan bahasa yang baik. Dengan menerapkan
metode diskusi siswa yang awalnya memiliki kesulitan dalam belajar menjadi termotivasi
untuk selalu dapat menemukan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan dirinya.
Penerapan metode diskusi dapat memberikan manfaat bagi siswa agar lebih aktif dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Setelah menerapkan metode diskusi dalam
kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan mampu untuk mengasah kemampuan berpikir kritis
yang dimilikinya untuk menganalisis, memecahkan masalah kemudian menyimpulkan,
mengevaluasi dan membuat keputusan dengan baik dan lebih terbuka pada mata pelajaran
Akidah Akhlak untuk materi iman kepada malaikat. Penerapan metode diskusi dalam
pembelajaran Akidah Akhlak dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada pada metode diskusi
dari mulai tahapan sebelum pertemuan, tahapan selama pertemuan dan sampai tahapan setelah
pertemuan yakni membuat kesimpulan. Tujuan dari penerapan metode diskusi adalah untuk
membentuk keterampilan berpikir kritis siswa selama mengikuti proses pembelajaran Akidah
Akhlak sesuai dengan tahapan yang ada dalam metode diskusi yang melibatkan siswa aktif
selama proses pembelajaran. Selanjutnya, dampak penerapan metode diskusi untuk
membentuk keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak sudah
cukup baik meskipun ada beberapa hambatan yang dialami. Hambatan dalam penerapan
metode diskusi terkait keaktifan siswa, keterbatasan waktu penyampaian materi dan kondisi
kelas yang kurang aktif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:16
Last Modified: 22 Jun 2022 04:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19609

Actions (login required)

View Item View Item