___[UPLOAD ULANG DENGAN FORMAT FILE PDF]___ Analisis Penerapan Metode Tasalsul untuk Meningkatkan Motivasi Santri kelas 6 dalam Menghafal Juz ‘amma di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo.

Cahya, Muhammad Bintang Krisma (2022) ___[UPLOAD ULANG DENGAN FORMAT FILE PDF]___ Analisis Penerapan Metode Tasalsul untuk Meningkatkan Motivasi Santri kelas 6 dalam Menghafal Juz ‘amma di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180379_Muhammad Bintang Krisma Cahya_Pendidikan Agama Islam.docx

Download (503kB)

Abstract

Motivasi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya. Faktor yang mepengaruhi motivasi dapat datang dari diri sendiri seperti memiliki cita-cita atau tujuan yang ingin dicapai maupun dari luar seperti lingkungan santri dapat berupa keluarga, madrasah dan masyarakat. Metode pembelajaran yang digunakan oleh ustadz Madrasah Diniyah juga berpengaruh pada tingkat motivasi siswa seperti halnya metode yang begitu-begitu saja yang menyebabkan rasa bosan, mengantuk, kurang fokus kepada santri sehingga motivasi santri untuk belajar menghilang. Rendahnya tingkat motivasi juga dialami oleh santri kelas 6 di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo pada mata pelajaran menghafal juz ‘amma. Oleh karena itu ustadz yang mengampu mata pelajaran tersebut menerapkan metode yang akan menunjang peningkatan pada motivasi menghafal santri kelas 6 pada mata pelajaran menghafal juz ‘amma yaitu metode tasalsul dengan harapan santri akan bersemangat, fokus dan dapat memperlancar dan mempermudah dalam menghafal juz ‘amma.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode tasalsul umtuk meningkatkan motivasi santri kelas 6 dalam menghafal juz ‘amma di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo, (2) untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi dalam penerapan metode tasalsul untuk meningkatkan motivasi santri kelas 6 dalam menghafal juz ‘amma di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo.
Adapun metode penelitian untuk menjawab pertanyaan diatas menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan sajian data dalam bentuk deskriptif atau naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Kaidah-kaidah dari menghafal juz ‘amma meliputi niat yang ikhlas, memerhatikan makhorijul hurf, istiqomah dan konsisten, menentukan target, memperkuat hafalan, memahami isi dari surah yang dihafalkan dan dengan menerapkan metode tasalsul yang mempengaruhi tingkat motivasi santri. Ditunjukkan dengan adanya perkembangan pada aspek konsentrasi belajar seperti bersemangat mengikuti pelajaran, masuk tepat waktu, bersungguh-sungguh dan meningkatnya hafalan santri dalam pembelajaran hafalan juz ‘amma. Seperti santri mampu mengikuti apa yang disampaikan oleh ustadznya dalam menerapkan metode tasalsul. (2) Faktor yang menjadi pendukung dalam penerapan metode tasalsul dalam pembelajaran menghafal juz ‘amma kelas 6 di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 yaitu tekad atau niat, kemauan, ketertarikan, kesiapan santri untuk menghafal dan situasi kondisi serta tempat pembelajaran yang mendukung dan nyaman. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode tasalsul dalam pembelajaran menghafal juz ‘amma kelas 6 di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 yaitu kondisi dalam diri santri yang kurang fit seperti rasa lapar dan santri lain yang ramai sendiri dan berlalu-lalang pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:06
Last Modified: 22 Jun 2022 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19606

Actions (login required)

View Item View Item