Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy pada Siswa Kelas V SDN Kutukulon Jetis Ponorogo

Risdianah, Eva (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy pada Siswa Kelas V SDN Kutukulon Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180045_EVA RISDIANAH_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Risdianah, Eva. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada Siswa Kelas V SDN Kutukulon Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Marasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Matematika, Kecepatan dan Debit, Self-Efficacy.

Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika dapat memudahkan siswa dengan cara memahami isi, menganalisis konsep, merencanakan strategi perhitungan dan memberikan kesimpulan yang tepat pada permasalahan. Namun faktanya, kemampuan berpikir kritis siswa masih belum optimal dikarenakan siswa kurang percaya diri dalam menyelesaikan soal. Sehingga self-efficacy siswa memiliki keterkaitan dengan tingkat berpikir kritis siswa yang berbeda-beda. Maka dari itu, diperlukan kajian yang lebih mendalam terhadap topik permasalahan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Kutukulon pada materi kecepatan dan debit ditinjau dari self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah.
Penelitian ini menggunakan jenis mixed methods dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket dan tes. Sedangkan teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan self-efficacy tinggi memenuhi 4 indikator yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi dengan baik. Namun terdapat kelemahan pada indikator interpretasi dimana siswa kurang lengkap menuliskan informasi sesuai dengan konteks soal. 2) Siswa dengan self-efficacy sedang memenuhi indikator interpretasi dan analisis dengan baik. Sedangkan evaluasi dan inferensi cukup baik. Hal ini dikarenakan siswa hanya menuliskan konsep tanpa disertai penjelasan dan di akhir jawaban tidak dilengkapi dengan satuan hitung.3) Siswa dengan self-efficacy rendah hanya memenuhi 2 indikator yaitu interpretasi dan analisis, sedangkan untuk evaluasi dan inferensi masih belum memenuhi kriteria dikarenakan siswa melakukan kesalahan dalam berhitung sehingga kesimpulan yang diberikan tidak tepat sesuai dengan konteks soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:06
Last Modified: 22 Jun 2022 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19603

Actions (login required)

View Item View Item