Penerapan Metode Iqro’ dengan Menggunakan Pendekatan CMSA (Cara Mengajar Santri Aktif) dalam Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Quran di TPA An-Nur Paldaplang, Tanjunganom Nganjuk

Fitriani, Ferda (2022) Penerapan Metode Iqro’ dengan Menggunakan Pendekatan CMSA (Cara Mengajar Santri Aktif) dalam Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Quran di TPA An-Nur Paldaplang, Tanjunganom Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180316_FERDA FITRIANI_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fitriani, Ferda. 2022. Penerapan metode Iqro’ dengan menggunakan pendekatan CMSA (cara mengajar santri aktif) dalam meingkatkan minat baca tulis Al-Quran Di TPA An-Nur Paldaplang, Tanjunganom Nganjuk. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci : Penerapan, Metode Iqro’, Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Quran

Pembelajaran adalah suatu proses yang mana melibatkan seseorang pendidik dengan peserta didik untuk belajar. Pada dasarnya potensi yang dimiliki oleh manusia untuk mengetahui sesuatu terdiri atas tiga macam yaitu indera, akal, dan hati. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode Iqro dengan menggunakan pendekatan CMSA (cara mengajar santri aktif) dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Quran di TPA An-Nur Paldaplang Tanjunganom, Nganjuk.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah metode Iqro’ dengan menggunakan pendekatan CMSA (cara mengajar santri aktif) dalam meningkatkan minat baca tulis Al-quran di TPA AN-NUR Paldaplang, Tanjunganom Nganjuk. (2) mendeskripsikan hasil penerapan metode Iqro’ dengan pendekatan CMSA (cara mengajar santri aktif) dalam meningkatkan minat baca tulis Al-quran di TPA AN-NUR Paldaplang, Tanjunganom Nganjuk. (3) mendeskripsikan kendala dan cara mengatasi guru TPA dalam penerapan metode metode Iqro’ dengan menggunakan pendekatan CMSA (cara mengajar santri aktif) dalam meningkatkan minat baca tulis Al-quran di TPA AN-NUR Paldaplang, Tanjunganom Nganjuk.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis melakukan penelitian di TPA An-Nur Paldaplang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa (1) untuk meningkatkan minat baca tulis Al-Quran di TPA An-Nur Paldaplang dapat dilakukan dengan cara memilih metode pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini, pemilihan metode Iqro dengan menggunakan penerapan metode CMSA (cara mengajar santri aktif) dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Quran dapat membantu santri dalam memahami dan mengetahui cara membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar. (2) Dengan penerapan metode Iqro, mampu menganalisis, memecahkan masalah kemudian menyimpulkan, mengevaluasi dan membuat keputusan dengan baik. Penerapan metode Iqro’ dalam pendekatan CMSA (cara mengajar santri aktif) sudah sesuai dengan tahapan-tahapan sebelum pertemuan, tahapan selama pertemuan, sampai dengan tahapan setelah pertemuan. (3) Untuk meningkatkan minat baca tulis Al-Quran dengan menerapakan metode Iqro’ dalam pembelajaran sudah sesuai dengan prosedur yang digunakan atau ada dalam metode Iqro. dan kendala dalam penerapan metode Iqro’ dengan menggunakan pendekatan CMSA (cara mengajar santri aktif) sudah berhasil diatasi oleh para pengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:05
Last Modified: 22 Jun 2022 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19602

Actions (login required)

View Item View Item