___[KEASLIAN TULISAN HARUS BERMATERAI]___ Komparasi Penggunaan Metode Ummi dan Wafa terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri Kelas 1 KMI Pondok Ar-Risalah Gundik, Slahung, Ponorogo

Desinta, Bella (2022) ___[KEASLIAN TULISAN HARUS BERMATERAI]___ Komparasi Penggunaan Metode Ummi dan Wafa terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri Kelas 1 KMI Pondok Ar-Risalah Gundik, Slahung, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180289_BELLADESINTA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
.
Desinta, Bella. 2022. Komparasi Penggunaan Metode Ummi dan Wafa Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas 1 KMI Di Pondok Ar-Risalah Gundik Slahung Tahun Ajaran 2021-2022, Skripsi,Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negri IAIN Ponorogo. Pembimbing Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si
Kata Kunci: Kemampuan Membaca A-Qur’an, Metode Ummi, Metode Wafa.
Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban yang harus dikuasai oleh setiap muslim. Oleh karena itu kemampuan dalam membaca Al-Qur’an harus sangat diperhatikan. Terdapat banyak sekali metode membaca Al-Qur’an yang digunakan untuk mempermudah belajar membaca Al-Qur’an. Beberapa diantaranya adalah metode Ummi dan metode Wafa yang digunakan oleh pondok Ar-risalah. Dengan metode Ummi, banyak ustadzah yang mengeluhkan bahwa santri cepat bosan, lama untuk memahaminya selama proses belajar, kesulitan dalam menirukan nada, dan harga buku yang mahal, sehingga para ustadzah ingin mencoba menerapkan metode Wafa di pondok Ar-Risalah setelah dari awal hanya menggunakan metode Ummi.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri dengan menggunakan metode Ummi di Pondok Ar-Risalah, 2) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri tanpa menggunakan metode Wafa di Pondok Ar-Risalah, 3) mengetahui perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dengan dan tanpa menggunakan metode Ummi dan menggunakan metode Wafa di Pondok Ar-Risalah. Penulis melakukan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan diatas. Penelitian ini dianalisis menggunakan statistika komparatif dengan teknik Independent Sample t-Test yang dilakukan di pondok Ar-Risalah Gundik, Slahung, Ponorogo. Peneitian ini menggunakan 80 sampel yang menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes sebagai instrument pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, maka dapat dipaparkan sebagai berikut: 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an santri menggunakan metode Ummi dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa rata-ratanya adalah 74,25 dan dominan masuk yang dalam kategori sedang dengan prosentase 80%, santri yang masuk dalam kategori sedang yaitu santri yang mendapatkan skor antara 66-83. 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an santri menggunakan metode Wafa dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa rata-ratanya adalah 79,25 dan dominan masuk dalam kategori sedang dengan prosentase 35% yaitu yang mendapatkan skor antara 71-88. 3) Hasil analisis penelitian komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an metode Ummi dan Wafa menyatakan bahwa nilai P-value (Sig) sebesar 0,799 > α (0,05). Dari analisis tersebut dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an santri menggunakan metode Ummi dan metode Wafa. Artinya kedua metode tersebut sama-sama dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri karena rata-rata skor keduanya tergolong cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:03
Last Modified: 22 Jun 2022 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item