Peran Remaja Masjid Al-Basyariyah dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Religius Pada Generasi Muda di Desa Sewulan Kecamatan Dagangan

Trifai, Yusuf (2022) Peran Remaja Masjid Al-Basyariyah dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Religius Pada Generasi Muda di Desa Sewulan Kecamatan Dagangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180243_YUSUF TRIFAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Trifai, Yusuf. 2022. Peran Remaja Masjid Al-Basyariyah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius Pada Generasi Muda di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. SUTOYO, M.Ag.
Kata kunci: Peran Remaja Masjid, religuis, generasi muda Desa Sewulan.
Remaja Masjid (REMAS) merupakan wadah utama dalam pengkaderan bidang kemasjidan yang memerankan remaja untuk mendalami ajaran Islam dan memakmurkan masjid bersama generasi muda di lingkungan masyarakat. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di Remaja Masjid Al-Basyariyah Desa Sewulan subjek dari kelompok Remaja Masjid yang pada umumnya masih usia remaja dan memiliki sifat emosional yang tinggi, terkait dengan itu penulis menemukan beberapa permasalahan kurangnya tingkat kereligiusan remaja dengan tidak memanfaatkan waktu dengan baik. Seperti yang telah terjadi masih banyak dari pemuda yang berlarut-larut malam bermain game online, danjuga waktu habis shalat maghrib pemuda tidak memanfaatkan waktunya untuk mengaji tetapi justru bermain bola di lapangan depan Masjid.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peran Remaja Masjid dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada generasi muda di Desa Sewulan, (2) mendeskripsikan kondisi Pemuda dan Remaja Masjid dalam upayanya menanamkan nilai-nilai karakter religius pada generasi muda, (3) mendeskripsikan dampak dari upaya Remaja Masjid dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius generasi muda.
Penulis melakukan penelitian ini dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi dan objek penelitian yang dilakukan bertempat di Masjid Al-Basyariyah Desa Sewulan Kecamatan Dagangan. Fokus penelitian yaitu peran Remaja Masjid dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap generasi muda. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang utama dilakukan terhadap ketua Remaja Masjid Al-Basyariyah sebagai ketua dari kepengurusan perannya. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari upaya penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa; (1) kegiatan yang dilakukan Remja Masjid Al-Basyariyah dalam upayanya menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap pemuda di Desa Sewulan dengan melalui kajian rutin kitab mitera sejati yang dilakukan setelah shalat maghrib berjama’ah. (2) kondisi pemuda dan Remaja Masjid Al-Basyariyah dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius secara umum mengalami perkembangan, artinya ada perubahan yang baik setelah melakukan kegiatan-kegiatan. (3) dampak dari upaya remaja masjid dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap pemuda secara umum berdampak positif, hal ini ditandai dengan peningkatan karakter religius pada pemuda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:00
Last Modified: 22 Jun 2022 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19600

Actions (login required)

View Item View Item