Peran Guru Dalam Mewujudkan Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa di Madeasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Thoriqul Jannah Ponorogo

Islamiati, Nur (2022) Peran Guru Dalam Mewujudkan Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa di Madeasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Thoriqul Jannah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180088_NUR ISLAMIATI_PGMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Islamiati, Nur. 2022. Peran Guru Dalam Mewujudkan Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa di MIT Thoriqul Jannah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ika Rusdiana. MA.
Kata Kunci: Peran Guru, Motivator, Fasilitator, Motivasi Belajar, Disiplin Siswa
Motivasi belajar merupakan sesuatu yang menimbulkan dorongan untuk semangat belajar. Disiplin siswa merupakan salah satu pendidikan karakter yang harus dimiliki siswa agar tertib dan mampu mengendalikan diri. Adanya kebijakan perubahan pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka terbatas tentunya terdapat dampak bagi siswa yaitu menurunnya motivasi belajar siswa dan kedisiplinan siswa. Untuk mewujudkan motivasi belajar dan disiplin siswa peran guru sangatlah penting. Selain memberikan pendidikan, guru juga harus mampu menjadi motivator dan fasilitator untuk peserta didiknya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) peran guru sebagai motivator dalam
mewujudkan motivasi belajar dan disiplin siswa di MIT Thoriqul Jannah; 2) peran guru sebagai fasilitator dalam mewujudkan motivasi belajar dan disiplin siswa di MIT Thoriqul Jannah.
Untuk mengungkapkan hal tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan pada metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran guru sebagai motivator, dengan bersikap terbuka dengan siswa, membantu siswa agar memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal, menciptakan hubungan yang baik dengan siswa, menanamkan pada siswa bahwa belajar ditunjukan untuk mendapatkan prestasi, dan menanamkan sikap aktif pada siswa ketika kegiatan belajar mengajar mampu menguatkan kemauan siswa untuk berbuat sesuatu, tekun dalam belajar, menyediakan waktu belajar yang banyak, ulet menghadapi kesulitan, memiliki cita-cita yang tinggi, dan senang belajar sendiri; (2) peran guru sebagai fasilitator, dengan bersikap sabar menghadapi setiap karakter siswa, selalu menghargai dan rendah hati, memahami karakter dan potensi siswa, mampu dekat dan akrab dengan peserta didik, serta bersifat kooperatif mampu membuat siswa mengatur waktu belajar dengan bijak, ulet, teratur belajar, fokus ketika belajar, dan tertib diri saat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:13
Last Modified: 22 Jun 2022 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19599

Actions (login required)

View Item View Item