___[PERSETUJUAN PUBLIKASI HARUS BERTANDA TANGAN]___ Konsep Memilih Teman Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta'limul Muta'allim

Azizah, Siti Nur (2022) ___[PERSETUJUAN PUBLIKASI HARUS BERTANDA TANGAN]___ Konsep Memilih Teman Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta'limul Muta'allim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180115_Siti Nur Azizah_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Azizah, Siti Nur. 2022. Konsep Memilih Teman Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata kunci: Memilih teman, Ta’limul Muta’allim, Syekh Al-Zarnuji

Pergaulan teman sebaya mempunyai kontribusi yang besar dalam membentuk perilaku seseorang. Namun dalam menjalankan hubungan pertemanan hendaklah seseorang berhati-hati dalam memilih teman, teman yang berperilaku buruk akan membuat kita masuk dalam kehidupan buruknya, begitupula teman yang berperilaku baik maka nantinya akan menjalin hubungan pertemanan yang baik pula. Pengaruh tersebut dapat diketahui dari akhlak dan sikap anak, baik dalam perkataannya maupun perbuatannya. Oleh karena itu, dalam memilih teman diharuskan mengetahui adab-adab apa saja yang harus diterapkan di dalamnya, agar nantinya dapat menemukan teman bergaul yang baik, dan tidak menjerumuskan pada suatu hal yang buruk.

Penelitian ini betujuan untuk (1) menjelaskan adab memilih teman menurut Syekh Al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim, (2) Untuk menjelaskan urgensi pertemanan Syekh Al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya adalah library research (penelitian pustaka), dengan menggunakan teknik analisis isi (Analisis Content). Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kitab “Ta’limul Muta’allim”. Sedangkan data skunder dari Buku “Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu Terjemah Ta’limul Muta’allim karya Achmad Ma’ruf Asrori, Kajian dan Analisi Ta’lim Muta’allim karya M. Fathul Lillah” dan beberapa buku yang relevan. Teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu: (a) meingkas data untuk mempermudah memahami makna, (b) mempelajari kata kunci, (c) mengembangkan data, (d) mengumpulkan data, (e) dan melakukan analisis pengembangan dan diakhiri dengan simpul.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa: (1) Dalam memilih teman terdapat beberapa kriteria yaitu: memilih teman yang tekun, wira’i, jujur, mudah memahami masalah, menghindari teman yang pemalas, menghindari teman yang pengangguran, menghindari teman yang banyak bicara, menghindari teman yang suka berbuat kerusakan, dan menghindari teman yang suka menfitnah. (2) Adapun urgensi pertemanan dalam terjemah kitab Ta’limul Muta’allim yaitu adanya ikatan sosial yang kuat bersama orang lain juga membuat psikologis mental yang bagus dalam kebaikan, terjalinnya silaturahmi yang baik, saling penolong dan memberikan syafaat kelak dihari kiamat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:58
Last Modified: 22 Jun 2022 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19598

Actions (login required)

View Item View Item