..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Intira, Ilma (2018) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ILMA INTIRA_201180101_ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Intira, Ilma. 2022. Nilai-Nilai Religius dalam Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Bapak Fery Diantoro, M. Pd. I..

Kata Kunci: Nilai-nilai Religius, Relevansi, Tujuan Pendidikan Islam

Perkembangan globalisasi tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga membawa dampak negatif terutama kepada remaja. Berbagai permasalahan kenakalan remaja dan perilaku-perilaku amoral remaja disebabkan karena kurangnya nilai-nilai religius yang dimiliki. Adapun nilai-nilai religius tidak hanya dapat diperoleh melalui lembaga formal saja tetapi juga dapat diperoleh dari adanya karya sastra. Salah satunya adalah novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Yang mana novel ini mengandung banyak nilai-nilai religius yang dapat diteladani, dijadikan sebagai motivasi dan dapat diambil hikmahnya dengan mencontoh perilaku baik dan meninggalkan perilaku buruk.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai aqidah Islam dalam novel Pesantren Impian, (2) mendeskripsikan nilai-nilai akhlak dalam novel Pesantren Impian, (3) mendeskripsikan nilai-nilai syariah dalam novel Pesantren Impian, (4) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai religius dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia dengan tujuan pendidikan Islam.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data dalam penelitian library research diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan seperti buku, jurnal, skripsi, tesis, maupun internet yang memiliki kaitan dengan nilai-nilai religius dalam novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi yang terdiri dari tahap editing, organizing dan finding. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Nilai aqidah islam yang terkandung dalam Novel Pesantren Impian hanya berupa iman kepada Allah yang diucapkan dengan kalimat istighfar, diucapkan dengan kalimat istirja’, dan diucapkan dengan kalimat basmalah. (2) Nilai akhlak yang terkandung dalam novel Pesantren Impian meliputi akhlak kepada Allah dan akhlak kepada makhluk. Akhlak kepada Allah meliputi tawakal, taubat, syukur dan sabar. Sedangkan akhlak kepada makhluk dibedakan menjadi dua yaitu akhlak kepada manusia dan akhlak kepada bukan manusia. Akhlak kepada manusia meliputi akhlak kepada rasulullah yaitu membaca shalawat, akhlak kepada sesama yaitu sopan santun, berjiwa sosial, peduli, memperbaiki diri, dan akhlak kepada diri sendiri yaitu semangat, rendah hati dan pemaaf. Sedangkan akhlak kepada selain manusia yaitu memelihara binatang. (3) Nilai syariah yang terkandung dalam novel Pesantren Impian hanya berupa nilai ibadah meliputi sholat, membaca Al-Qur’an, puasa, wudhu, aqiqah, berdoa, menikah dan menutup aurat. (4) Nilai-nilai religius dalam novel Pesantren Impian memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan Islam. Nilai aqidah Islam relevan dengan tujuan pendidikan Islam dalam aspek keyakinan dan kepercayaan kepada pemilik alam semesta yaitu Allah SWT. Nilai akhlak relevan dengan tujuan pendidikan Islam dalam aspek sikap dan perilaku untuk menciptakan manusia yang paripurna (insan kamil). Nilai syariah relevan dengan tujuan pendidikan Islam dalam aspek ibadah baik pelaksanaan ibadah mahdah maupun ghairu mahdah sebagai bekal di kehidupan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FERY DIANTORO
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:35
Last Modified: 22 Jun 2022 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19596

Actions (login required)

View Item View Item