___[LEMBAR KEASLIAN TULISAN BELUM ADA]___ Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fikih Di MTs An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo

Nugraha, Aprilia (2022) ___[LEMBAR KEASLIAN TULISAN BELUM ADA]___ Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fikih Di MTs An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180034_APRILIA NUGRAHA_PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nugraha, Aprilia. 2022. Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fikih Di MTs An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dedi Hasnawan, M.Pd..
Kata Kunci: Metode Resitasi, Keaktifan Belajar
Pembelajaran Fikih merupakan salah satu pelajaran agama Islam yang membahas mengenai hukum Islam yang meliputi ibadah, muamalah, munakahat, jinayah, siyasah, dan bi’ah. Dalam menyampaikan pelajaran sering kali siswa merasa bosan atau tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan metode belajar yang kurang tepat. Maka dari itu, tugas seorang guru ialah mampu menguasai berbagai metode belajar agar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode resitasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan shalat jama’ dan qashar di MTs An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart. Metode ini memiliki empat tahapan pada setiap siklus, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo yang berjumlah 21 siswa.
Hasil dari penelitian pada pembelajaran Fikih pokok bahasan shalat jama’ dan qashar menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa. Terlihat hasil keaktifan belajar siswa kategori sangat tinggi yang semula menunjukkan 0% meningkat menjadi 9%, kategori tinggi yang semula 41% meningkat menjadi 71%, dan kategori sedang yang semula 57% menurun menjadi 19%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fikih di MTs An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:10
Last Modified: 22 Jun 2022 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19593

Actions (login required)

View Item View Item