Penerapan Strategi Card Sort dan True or False dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Islam Joresan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Utami, Latifah Kurnia (2022) Penerapan Strategi Card Sort dan True or False dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Islam Joresan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180129_LATIFAH KURNIA UTAMI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Utami, Latifah Kurnia. 2022. Penerapan Strategi True or False dan Card Sort dalam
Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Islam Joresan Ponorogo. Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful
Mahmudin, M.Pd.I..
Kata Kunci: Strategi, True or False, Card Sort, Keaktifan Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemasalahan kurangnya keaktifan belajar siswa pada
mata pelajaran aqidah akhlak, hal ini dikarenakan guru belum menggunakan strategi pembelajaran
yang menarik sehingga berdampak pada keaktifan belajar siswa di kelas. Selain itu, kegiatan
pembelajaran berpusat pada guru sehingga mengurangi ruang gerak siswa untuk aktif dalam
kegiatan pembelajaran. Melihat kondisi seperti ini, apabila dibiarkan dan tidak dilakukan
perbaikan maka akan berdampak terhadap kualitas belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak bagi
siswa kelas X di MA Al-Islam Joresan. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan dari guru dalam
mengajar di kelas agar siswa dapat merespon dengan aktif dan memahami materi pelajaran aqidah
akhlak dengan baik.
Sehubungan dengan permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan memperoleh
cara yang tepat untuk memperbaiki proses pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa. Penerapan strategi true or false dan card short diharapkan dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X materi perilaku tercela di MA Al-Islam Joresan
Ponorogo.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri
dari empat tahapan yang disusun dalam suatu sistem spiral yang saling terkait antara langkah satu
dengan langkah berikutnya. Empat tahapan tersebut yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Keempat tahapan tersebut dilakukan dalam tiga siklus penelitian, di mana tiap siklus
difokuskan pada materi perilaku tercela mata pelajaran aqidah akhlak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi true or false dan card sort dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini dapat dilihat dari
hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Siklus I keaktifan belajar
siswa 50%, siklus II keaktifan belajar siswa 66,7%, dan siklus III keaktifan belajar siswa 87,5%.
Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan strategi true or false dan card sort dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X.B pada mata pelajaran aqidah akhlak materi perilaku
tercela di MA Al-Islam Joresan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:34
Last Modified: 22 Jun 2022 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item View Item