..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJAN PUBLIKASI, SESUAIKAN DENGAN FORM YG ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Program Tahfidzul Qur'an Di SMP Islam Terpadu Subulul Huda

Rachmat, Aji Fitriandy (2022) ..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJAN PUBLIKASI, SESUAIKAN DENGAN FORM YG ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Program Tahfidzul Qur'an Di SMP Islam Terpadu Subulul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180476_Aji Fitriandy Rachmat_Pai.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://Implementasi Program Tahfidzul Qur'an Dalam...

Abstract

Fitriandy, Aji. 2022. Implementasi Program Tahfidzul Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Qur’ani Di Smp Islam terpadu Subulul Huda Kembangsawit. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd. I.
Kata kunci: Implementasi Program Tahfidzul Qur’an, Pembentukan Karakter Qur’ani.
Akhlak remaja yang mulai menurun seiring dengan kemajuan teknologi perlu menjadi perhatian Pendidikan Indonesia dalam upaya melindungi remaja dari kemerosotan akhlak. Salah satunya dengan pembentukan karakter Qur’ani melalui program Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Terpadu Subulul huda. Pembentukan karakter Qur’ani dimaksudkan untuk membentuk jiwa siswa agar mereka memiliki benteng diri dalam menghadapi era digital yang deras dengan Informasi baik itu Informasi yang bernilai positif maupun negatif.
Sebagai bagian dari solusi kemerosotan akhlak remaja, Penelitian ini bertujuan: 1 ) Mengetahui pelaksanaan Program Tahfidz di SMP Islam Terpadu Subulul Huda. 2 ) Mengetahui Problematika Dan Solusi Program Tahfidz di SMP Islam Terpadu Subulul Huda. 3 ) Mengetahui hasil Program Tahfidz di Smp Islam Terpadu Subulul Huda terhadap karakter Qur’ani siswa.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif data dijabarkan secara deskriptif. Teknik analisis data menggunakan 3 cara yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara daring maupun luring. Observasi diperlukan untuk mengamati secara langsung kondisi di lapangan. Dokumentasi diperlukan sebagai bukti telah melakukan penelitian.
Hasil dari penelitian: 1 ) Pelaksanaan program tahfid melibatkan 20 guru yang mana 2 diantaranya adalah guru PAI yaitu Bapak Agus Mahsusin dan Ibu Latifah. Sekitar 300 siswa-siswi SMP Islam Terpadu Subulul Huda Kembangsawit Kebonsari Madiun berpartisipasi dalam kegiatan Tahfid. Kegiatan tersebut diikuti dengan rasa antusias siswa yang dilaksanakan menjelang akhir pekan setiap hari Sabtu pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang. 2 ) Problematika yang dihadapi adalah dijumpai siswa yang tidak kooperatif. Berjalannya kegiatan tahfid tidak akan lepas dari permasalahan dari dalam diri siswa seperti tidur saat kegiatan, tidak membawa Al-Qur’an atau bermain saat kegiatan. Melihat kondisi lapangan yang demikian, solusi yang tepat adalah guru perlu menggunakan pembelajaran yang lebih kreatif dengan memberi istirahat yang menyegarkan yaitu Ice Breaking. 3 ) Hasil dari program tahfid adalah siswa diharapkan menjadi manusia beriman yang rajin beribadah untuk menuju Rahmat Allah Swt, menginfakkan sebagian harta, sanggup menahan amarah, selalu bertobat dan memaafkan kesalahan orang lain

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Location: Kebonsari Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:30
Last Modified: 22 Jun 2022 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19582

Actions (login required)

View Item View Item