Nilai-Nilai Patriotisme Dalam Biografi Tan Malaka Karya Masykur Arif Rahman Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Sebagai Sumber Pembelajaran IPS

Febrianti, Ayu Rezki (2022) Nilai-Nilai Patriotisme Dalam Biografi Tan Malaka Karya Masykur Arif Rahman Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180015_AYU REZKI FEBRIANTI_TADRIS ILMU PENGETAHUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Febrianti, Ayu Rezki. 2022. Nilai-Nilai Patriotisme dalam Biografi Tan Malaka karya Masykur Arif Rahman dan Relevansinya dengan Pendidikan Cinta Tanah Air sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata kunci: Nilai-nilai Patriotisme, Biografi Tan Malaka, Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air.
Seiring berkembangnya arus globalisasi membawa dampak bagi para siswa mulai menggemari kebudayaan dari luar, salah satunya adalah adanya gejala korean wave atau menggemari kebudayaan Korea Selatan. Penelitian yang dilakukan oleh Tundjung Linggarwati membuktikan bahwa siswa yang mengalami gejala korean wave cenderung memiliki tokoh idola dalam budaya Korea Selatan sehingga banyak remaja yang meniru tokoh idolanya, serta membuktikan bahwa siswa dalam meniru tokoh idola dan budaya populer Korea Selatan lebih tinggi daripada meniru tokoh idola dalam negeri. Ini telah menjelaskan pada aspek ketahanan budaya dalam negeri sedikit terancam dengan banyaknya angka fanatisme siswa terhadap tokoh budaya Korea Selatan dan dapat mengikis karakter cinta tanah air pada siswa. Salah satu upaya dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengenalkan tokoh penting di dalam negeri seperti tokoh pahlawan yang telah berjasa kepada negara seperti Tan Malaka dalam pembelajaran. Tan Malaka merupakan salah satu tokoh pahlawan yang berjasa namun terlupakan dan dikenal memiliki semangat patriotisme yang tinggi dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa. Di dalam biografi Tan Malaka mengandung nilai-nilai patriotisme yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk menumbuhkan karakter cinta tanah air pada siswa dalam pembelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai patriotisme dalam tokoh Tan Malaka karya Masykur Arif Rahman, (2) menjelaskan relevansi dari nilai-nilai patriotisme dengan pendidikan karakter cinta tanah air pada tokoh Tan Malaka karya Masykur Arif Rahman yang dapat dijadikan sumber pembelajaran IPS.
Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen yang telah dikumpulkan. Sumber data primer yang digunakan adalah buku karya Masykur Arif Rahman dengan judul Tan Malaka: Sebuah Biografi Lengkap, sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah dokumen tertulis yang berkaitan dengan biografi Tan Malaka. Selanjutnya dokumen tersebut di analisis menggunakan analisis isi untuk menganalisis isi atau kandungan dari sebuah tulisan atau teks.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Terdapat beberapa nilai patriotisme dalam biografi Tan Malaka, yaitu nilai kesetiaan, keberanian, pantang menyerah, rela berkorban, cinta tanah air, dan kesukarelaan. (2) Terdapat relevansi dari temuan nilai patriotisme dalam biografi Tan Malaka, yaitu nilai kesetiaan relevan dengan menumbuhkan rasa mencintai produk dalam negeri seperti memakai media dan alat pembelajaran dalam negeri di kegiatan pembelajaran IPS, mengenalkan warisan budaya dalam negeri. Nilai keberanian relevan dengan membiasakan jujur saat mengerjakan ujian, berani membela ketika ada teman yang sedang di buli, berani melaporkan perbuatan negatif teman ketika di sekolah. Nilai pantang menyerah relevan dengan memberi motivasi dan semangat mengikuti kejuaraan seperti olimpiade IPS, bersaing sehat untuk mendapat ranking di kelas, memperbaiki nilai ujian jika mendapati nilai ujian buruk. Nilai rela berkorban relevan dengan rela ikut membantu teman yang terkena musibah, membantu kegiatan kerja bakti di sekolah, berbagi ilmu kepada teman yang kesulitan memahami materi pelajaran IPS. Nilai cinta tanah air relevan dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan, memiliki rasa bangga terhadap produk buatan negeri, tidak menyebarkan ujaran kebencian, membuat karya tulis yang mencerminkan kecintaan terhadap tanah air. Nilai kesukarelaan relevan dengan bersedia mengganti jadwal piket teman kelas nya yang sedang sakit, bersedia membantu jika dimintai bantuan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:25
Last Modified: 22 Jun 2022 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item