Supervisi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Etos Kerja Guru di MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo

Imraatunnafiah, Siti (2022) Supervisi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Etos Kerja Guru di MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180056_Siti Imraatunnafiah_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Imraatunnafiah, Siti. 2022. Supervisi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Etos Kerja Guru di Mts Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Nur Rahmi Sonia, M.Pd.I.
Kata Kunci : Supervisi Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru.

Supervisi sekolah merupakan usaha/tindakan oleh kepala sekolah untuk membimbing dan mengarahkan ke arah perbaikan situasi pendidikan dan peningkatan mutu belajar mengajar. Supervisi kepala sekolah digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam rangka meningkatkan etos kerja guru, MTs Al-Islam Joresan melaksanakan supervisi dengan baik. Hal ini dapat ditandai dari guru di MTs Al-Islam cukup tanggap dan memiliki rasa tanggugjawab yang besar terhadap tugasnya sebagai guru.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis langkah-langkah supervisi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan etos kerja guru di MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, (2) Mengetahui dan menganalisis implikasi supervisi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan etos kerja guru di MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, (3) Mengetahui dan menganalisis kendala kepala sekolah sebagai supervisor dalam upaya meningkatkan etos kerja guru di MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo.
Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data milik Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1 Langkah-langkah supervisi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan etos kerja guru yang telah dilakukan oleh MTs Al-Islam Joresan menggunakan model supervisi akademik dengan menggunakan tiga langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi beserta tindak lanjut. Langkah yang pertama perencanaan pelaksanaan supervisi yang melibatkan kepala sekolah beserta pembantu kepala sekolah menentukan guru senior sebagai tim pembantu supervisi, menentukan aspek yang disupervisi, menentukan jadwal, dan menyusun instrumen penilaian. Langkah edua yakni pelaksanaan supervisi dilakukan 1 kali dalam satu semester dengan tenggat waktu bulan. Dalam langkah pelaksanaan kepala sekolah bersama tim pembantu kepala sekolah dan tim supervisi memadukan tiga pendekatan yaitu pendekatan langsung, pendekatan tidak langsung dan kolaboratif. Teknik yang digunakan teknik individual yang berupa kunjungan kelas, penilaian teman sejawat, penilaian diri sendiri, dan penilaian materi mengajar. Selain itu, teknik yang digunakan juga ada yang secara kelompok berupa rapat guru, workshop/seminar, studi kelompok antar guru, diskusi, bertukar pengalaman. Langkah ketiga evaluasi dan tindak lanjut. Kepala sekolah bersama seluruh guru melakukan rapat dan diskusi hasil supervisi dan menentukan tindak lanjut berupa motivasi dan pembinaan guru melalui forum MGMP, (2) Dalam implikasi yang didapat dari pelaksanaan supervisi dilihat dari segi kepribadian guru tercipta dengan baik. Rasa tanggung jawab, kreatifitas timbul dari kepribadian guru-guru. Dari segi kompetensi atau kemampuan berkembang dengan baik serta prestasi-prestasi yang siswa dapat baik dari akademik maupun non akademik dapat tercapai dengan tuntas, (3) Kendala yang dihadapi dari pelaksanaan supervisi mulai dari kepala sekolah sendiri yang mempunyai tugas ganda, adanya guru yang kurang persiapan, dan sarana dan prasarana yang masih terbatas. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yakni mempererat hubungan antara kepala sekolah dengan guru, memberi motivasi terhadap guru terutama dalam mengikuti kegiatan MGMP sebagai wadah yang mempunyai andil besar dalam meningkatkan etos kerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:23
Last Modified: 22 Jun 2022 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19572

Actions (login required)

View Item View Item