..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF DAN UPLOAD ULANG)..Penerapan Ice Breaking Senam Otak untuk Peningkatan Konsentrasi Belajar dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan

Sari, Novita (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF DAN UPLOAD ULANG)..Penerapan Ice Breaking Senam Otak untuk Peningkatan Konsentrasi Belajar dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180396_NOVITA SARI_PAI.docx

Download (533kB)

Abstract

Proses belajar mengajar yakni transfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik. Belajar tidak hanya di sekolah tetapi juga dapat dilakukan di lingkungan masyarakat. Situasi dan kondisi saat ini teknologi semakin berkembang setiap harinya pasti ada peningkatan yang membuat peserta didik menjadi malas ataupun jenuh untuk belajar. Rasa malas dan jenuh peserta didik berpengaruh pada konsentrasi belajar yang dimana peserta didik harus fokus pada saat pembelajaran. Kesulitan untuk berkonsentrasi belajar juga dialami oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, guru Pendidikan Agama Islam menerapkan kegiatan pendinginan atau ice breaking senam otak untuk membantu siswa berkonsentrasi dan merasa tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi gerakan ice breaking senam otak untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat ice breaking senam otak untuk meningkatkan konsentrasi belajar dalam pembelajaran PAI studi empiris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan, (3) mengetahui dampak dari hasil penerapan ice breaking senam otak untuk peningkatan konsentrasi belajar iswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenangan.
Adapun metode penelitian untuk menjawab pertanyaan di atas menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sajian data dalam bentuk deskriptif atau naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Implementasi ice breaking senam otak yaitu dilakukan urut satu per satu dilakukan yang dimulai dari gerakan tepuk tunggal-ganda sampai gerakan huruf V dan pistol yang dilakukan pada saat kegiatan di awal, di tengah dan di akhir pembelajaran PAI. (2) Faktor pendukung yaitu tekad siswa untuk belajar dan tempat pembelajaran yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi dalam diri siswa seperti rasa lapar dan siswa lain yang berlalu-lalang pada saat berlangsungnya kegiatan (3) Dampak dari gerakan dari ice breaking senam otak yaitu ditunjukkan dengan adanya perkembangan pada aspek konsentrasi belajar seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenangan dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:22
Last Modified: 22 Jun 2022 03:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19570

Actions (login required)

View Item View Item