..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN KEASLIAN TULISAN, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Nilai-nilai Motivasi Belajar Dalam Film Sepatu Dahlan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Sekolah Dasar

Rahmaningrum, Rizka (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN KEASLIAN TULISAN, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Nilai-nilai Motivasi Belajar Dalam Film Sepatu Dahlan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180223_RIZKA RAHMANINGRUM_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 ini semakin meningkatnya minat pada film di Indonesia menunjukkan bahwa film menjadi alternatif untuk masyarakat memperoleh pesan dan menjadi sarana melepas penat. Tren ini juga tercermin dari peningkatan jumlah pengguna Netflix di Indonesia yang meningkat secara signifikan pada tahun 2020, dengan estimasi total lebih dari
906.00 pelanggan di Indonesia. Tidak hanya pada kalangan dewasa, film juga ditonton oleh kalangan anak-anak dan remaja. Dari hasil observasi di lingkungan Tambakbayan, Ponorogo banyak yang mengisi waktu luangnya untuk menonton film, baik film dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Dengan begitu banyak kalangan pelajar yang lupa akan kewajibannya sebagai seorang pelajar yaitu belajar menyebabkan motivasi dalam belajar mulai menurun. Sehingga perlu adanya motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai motivasi belajar yang terdapat dalam film Sepatu Dahlan, (2) menjelaskan relevansi nilai-nilai motivasi belajar dalam film Sepatu Dahlan terhadap Pendidikan sekolah dasar.
Data pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kepustakaan (Library Research) dengan penggunaan teknik analisis isi. Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer yaitu Film Sepatu Dahlan yang diakses di Channel youtube. Sumber data sekunder ini adalah bahan-bahan yang tertulis di artikel maupun novel yang mendukung untuk memperoleh data yang relevan.
Berdasarkan analisis data dalam Film Sepatu Dahlan terdapat beberapa hasil penelitian antara lain (1) terdapat dua nilai-nilai motivasi belajar yaitu motivasi ekstrinsik yang datang dari orangtua, guru, teman sebaya, dan pemberian reward. Sedangkan dilihat dari motivasi instrinsik yaitu datang dari diri Dahlan sendiri, dimana Dahlan mempunyai jiwa yang kerja keras, pantang menyerah, dan bertanggungjawab atas dirinya dan cita-citanya. (2) terdapat relevansi dengan pendidikan Sekolah Dasar yaitu tujuan pendidikan, tiga ranah pendidikan yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik, prestasi belajar, dan tri pusat pendidikan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:16
Last Modified: 22 Jun 2022 03:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19569

Actions (login required)

View Item View Item