..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Jenangan Ponorogo

Basuki, Imron (2022) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180105 IMRON BASUKI Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Basuki, Imron. 2022. Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jenangan.Skirpsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kata kunci: Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jenangan Ponorogo.

Pembelajaran pendidikan agama islam sangat penting bagi siswa. Namun saat ini pembelajaran tersebut terhalang oleh munculnya virus covid-19 yang berbahaya karena penyebarannya sangat cepat. Dalam menanggapi pandemi Covid-19, Kepala SMAN 1 Jenangan menetapkan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui daring ini ternyata memunculkan banyak problematika baru. Guru SMAN 1 Jenangan juga menghadapi tantangan pembelajaran daring di banyak pondok pesantren yang berada di sekitar sekolah.
Tujuan Penelitian di SMAN 1 Jenangan Ponorogo adalah:(1) Apa saja problematika yang muncul pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jenangan, (2) Bagaimna cara menghadapi kendala saat melaksanakan proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data secara deskriptif yang akan diperoleh melalui pendekatan kualitatif dimana data-data tersebut dapat dihasilkan melalui penelitian dan kajian baik secara teoritis maupuun empiris.

Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa, (1) berpegang teguh pada tugas profesional, dan menguasai media pembelajaran daring (Google Classroom). (2) tidak mudah mudah putus asa, dan terus belajar, serta memberikan kelonggaran waktu untuk siswa. (3) Komunikasi aktif dengan orang tua/wali siswa melalui grup Whatsapp. (4) Secara aktif mengingatkan anak didik untuk melaksanakan kewajiban belajarnya, serta mendampingi dan memfasilitasi untuk pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:17
Last Modified: 22 Jun 2022 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19568

Actions (login required)

View Item View Item