..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJAN PUBLIKASI, SESUAIKAN DENGAN FORM YG ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..MOTIVASI PEZIARAH MAKAM ASTANA SRANDIL KECAMATAN JAMBON PONOROGO

Agus, Adi Prayogo (2022) ..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJAN PUBLIKASI, SESUAIKAN DENGAN FORM YG ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..MOTIVASI PEZIARAH MAKAM ASTANA SRANDIL KECAMATAN JAMBON PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
ACC MOTIVASI PEZIARAH MAKAM ASTANA SRANDIL KECAMATAN JAMBON PONOROGO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prayogo, Adi, Agus, 2022. Motivasi Peziarah Makam Astana Srandil Kecamatan Jambon Ponorogo (Etnografi di Situs Astana Desa Srandil Kecamatan Jambon Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Skripsi: Dr. Mambaul Ngadhimah. M.Ag.

Kata Kunci: Motivasi Peziarah Makam
RA. Supriyono, Motivasi adalah kemampuan untuk berbuat sesuatu sedangkan motif adalah kebutuhan, keinginan, dorongan untuk berbuat sesuatu. Peziarah adalah orang yang mengunjungi makam yang bersejarah dan bertujuan untuk menDo’akan begitu juga memohonkan ampun kepada ahli kubur yang berada di makam tersebut, supaya yang di makamkan di tempat tersebut dapat diampuni dosanya dan juga diberikan tempat yang layak di sisi Allah Swt.
Tujuan yang ingin peneliti capai dalam penelitian ini adalah 1). Mendeskripkan Kondisi Obyek Situs Astana Desa Srandil. 2). Mendeskripsikan Motivasi peziarah Situs Astana Desa Srandil. 3). Mendeskripsikan Implikasi peziarah Situs Astana desa Srandil.
Untuk mendeskripsikannya maka penulis menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif yang menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan 1). Mengenai kondisi obyek Situs Astana Desa Srandil, Kondisi obyek Situs astana Desa Srandil ini masih berupa bangunan situs sederhana, dan terdapat makam-makam di dalamnya, terdapat juga sejumlah lantai yang digunakan untuk mendaki ke atas situs. 2). motif peziarah makam, peziarah makam yang datang ke situs astana Desa Srandil ini disebabkan oleh beberapa motif yaitu Motif Agama, Motif Ekonomi, Motif Budaya, dan yang terakhir adalah Motif Ilmu Kejawen. a). motif agama motif agama adalah contohnya peziarah yang datang dengan niat ingin mendoakan para ahli kubur yang berada di Situs tersebut, supaya diampuni dosa-dosanya selama di dunia. b). Motif ekonomi motif ini adalah motif yang mendorong para peziarah karena terkendalanya faktor perekonomian seperti contohnya kesulitan dalam mencari pekerjaan, orang yang mengalami PHK, orang yang mengalami penurunan perekonomian rumah tangganya. c). Motif Budaya motif budaya ini adalah seseorang yang datang dengan niat menginginkan sesuatu yang mustahil seperti contohnya ingin tercapai cita-citanya mereka datang ke situ tersebut dan meminta hal yang diinginkannya di depan makam yang dikeramatkan dengan cara membakar kemenyan, dan menaruh semua harapan kepada orang yang sudah mati di dalam makam tersebut. d). motif Ilmu kejawen motif ini contohnya seseorang yang datang ke situs tersebut dengan menginginkan suatu ilmu yang sakti dan juga kebal dan ilmu yang bisa menerawang.
Implementasi atau hasil peziarah setelah berziarah di Situs Astana desa Srandil ini adalah mereka merasa nyaman dan juga mereka merasa lega karena telah dapat melaksanakan semua hajat-hajatnya dan cita-citanya yaitu ziarah makam di Situs Astana desa srandil tersebut, mereka juga merasa gembira saat berada di situs karena selain berziarah mereka juga menikmati keasrian pemandangan dan keindahan dari atas Situs Astana Desa Srandil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:18
Last Modified: 22 Jun 2022 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19565

Actions (login required)

View Item View Item