Profesionalitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengelolaan Kelas di MTs Ma'arif Al-Ishlah Bungkal

Rohmah, Imtihana Nikmatur (2022) Profesionalitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengelolaan Kelas di MTs Ma'arif Al-Ishlah Bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180106_IMTIHANA NIKMATUR ROHMAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohmah, Imtihana Nikmatur. 2022. Profesionalitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengelolaan Kelas di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kata kunci: Profesionalitas Guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Pengelolaan Kelas.
Guru ialah semua orang yang memiliki wewenang dan bertanggung jawab atas pendidikan murid-murid, baik dari segi individual maupun klasikalnya dan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kurangnya keaktifan sebagian siswa dalam mendengarkan materi yang disampaikan guru Sejarah Kebudayaan Islam serta kurangnya pengendalian guru terhadap siswa merupakan permasalahan awal yang ditemui oleh peneliti di kelas VIII A. Profesionalitas guru sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan siswa karena tolak ukur profesionalitas guru dilihat dari seberapa banyak siswa yang paham, mengerti dan mewujudkan kompetensi siswa dari apa yang sudah diajarkan guru. Metode-metode belajar juga harus senantiasa dikembangkan oleh guru, serta guru harus mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan tepat sesuai dengan kondisi siswa.
Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik mengambil judul penelitian “Profesionalitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengelolaan Kelas di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal” dengan tujuan (1) untuk mengetahui bentuk profesionalitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, (3) untuk mengetahui dampak profesionalitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa, (1) Bentuk profesionalitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal dapat dikatakan profesional sesuai dengan bidangnya yang mencangkup profesional dalam ranah kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Dalam ranah kompetensi pedagogik dibuktikan dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat guru. Kompetensi kepribadian guru SKI ditunjukkan dengan kedisiplinan dan ketegasan guru dalam mengajar serta mampu memberikan contoh yang baik bagi siswanya. Kompetensi profesional guru SKI diwujudkan guru dengan cara senantiasa memperluas ilmu pengetahuan dengan menambah referensi buku bacaan yang berkaitan dengan sejarah. Sedangkan kompetensi sosial diwujudkan dengan menjalin komunikasi yang baik kepada siswanya. Dalam pengelolaan kelas, guru menggunakan metode yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal yakni: terpenuhinya media pembelajaran, manajemen waktu yang baik, menambah referensi buku bagi guru untuk memperluas ilmu pengetahuan serta meningkatkan mutu pembelajaran, siswa dengan segala kebutuhannya, (3) Dampak profesionalitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam pengelolaan kelas di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah Bungkal yakni: siswa menjadi paham materi, materi terencana dan tersampaikan dengan baik, kegiatan belajar mengajar lebih bernilai, mencapai visi dan misi lembaga dengan kompetensi-kompetensi dan kinerja baik yang dimiliki guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:07
Last Modified: 22 Jun 2022 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19557

Actions (login required)

View Item View Item