KEGIATAN AMALIYAH TADRIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SANTRI STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK

Pranoto, Yongki Ade (2022) KEGIATAN AMALIYAH TADRIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SANTRI STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180465_YONGKI ADE PRANOTO_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidik merupakan sebuah penentu mutu dan kualitas dari peserta didiknya. Sebagai calon pendidik santri takhasus mengalami problematika dalam mengajar, hal tersebut berkaitan dengan kompetensi pedagogik. Beberapa santri yang mengikuti program pendidikan takhasus belum mampu memaksimalkan kemampuan mereka dalam membimbing sorogan dan wekton. Oleh karena itu, terselenggaranya kegiatan amaliyah tadris bertujuan untuk memberikan latihan praktik mengajar kepada santri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pelaksanaan dari kegiatan amaliyah tadris di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, (2) Untuk menjelaskan kontribusi kegiatan amaliyah tadris dalam meningkatkan kompetensi pedagogik santri di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian, Teknik analisis data yang peneliti guanakan berupa teknik analisis Miles dan Huberman dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian memperoleh temuan berupa: (1) Pelaksanaan dari kegiatan amaliyah tadris meliputi; persiapan, pelaksanan dan evaluasi. Sedangkan, landasan dasar pelaksanaan kegiatan amaliyah tadris adalah untuk membangun mutu dan kualitas pendidikan yang ada di Madrasah Miftahul Huda. Terselenggaranya kegiatan amaliyah tadris membawa dampak yang baik bagi santri itu sendiri, karena kegiatan tersebut menjadi wadah untuk mengimplementasikan teori keilmuan yang telah diperoleh dan untuk melatih mentalitas santri dalam menyebarkan ilmu kelak ketika sudah berada di tengah-tengah masyarakat. (2) Kontribusi kegiatan amaliyah tadris dalam meningkatkan kompetensi pedagogik santri, yakni: melalui pembekalan dari diklat profesionalitas guru dengan tujuan untuk memberikan wawasan keguruan bagi peserta amaliyah tadris. Kemudian, secara khusus peserta amaliyah tadris dibimbing dan diarahkan oleh guru pamong untuk membuat program pembelajaran, meliputi: tujuan, materi dan evaluasi pembelajaran yang dirangkum dalam bimbingan RPP. Selain itu, tim penilai juga terlibat dalam memberikan kontrol berupa feedback dan penilaian akhir yang berbentuk sertifikat bagi peserta amaliyah tadris.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:56
Last Modified: 22 Jun 2022 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19554

Actions (login required)

View Item View Item