Pengembangan Kader Nahdlatul Ulama Melalui Organisasi Siswa di Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo

Rizki, Arum Ma'rifatu (2022) Pengembangan Kader Nahdlatul Ulama Melalui Organisasi Siswa di Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180037_Arum Ma'rifatu Rizki_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rizki, Arum Ma’rifatu. 2022. Pengembangan Kader Nahdlatul Ulama melalui Organisasi Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag.
Kata Kunci: Kader NU, Organisasi Siswa, Amaliyah Islam
Salah satu agenda dari organisasi Nahdlatul Ulama adalah melakukan ikhtiar untuk mencetak para kader muda NU dengan melakukan pengembangan dan pembinaan melalui sebuah wadah di tingkatan pelajar. Lembaga pendidikan sebagai tempat bagi para pelajar juga turut mempunyai andil dalam melakukan pengembangan kader, namun dapat diketahui bahwa tidak semua lembaga pendidikan berbasis NU menerapkan hal tersebut. Hal ini menjadi kegelisahan tersendiri bagi organisasi Nahdlatul Ulama. Dengan melihat realitas yang ada, Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom sebagai lembaga madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU juga turut berupaya untuk mewadahi para kader pelajar muda NU sebagai upaya dalam menjaga, melestarikan, dan menguatkan nilai tradisi serta amaliyyah Nahdlatul Ulama. Salah satu upayanya adalah melalui sebuah organisasi siswa intra madrasah berbasis keagamaan sebagai langkah awal dalam merawat kaderisasi NU.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan kader Nahdlatul Ulama, (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk penguatan nilai amaliyah Islam Nahdlatul Ulama, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kader Nahdlatul Ulama melalui organisasi siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Pengembangan Kader Nahdlatul Ulama di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom adalah melalui sebuah organisasi siswa intra madrasah berbasis keagamaan NU yang bernama Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU Al-Mukkarom. Dimana organisasi tersebut merupakan gabungan dari OSIS dan IPNU IPPNU yang merupakan salah satu strategi dalam mencetak dan mengembangkan kader di tingkat pelajar. Pengembangan kader di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom diorientasikan melalui beberapa program dalam bentuk diskusi atau kajian tematik dan pelatihan jenjang pengkaderan bernama MAKESTA dan Training of Trainer, (2) bentuk penguatan nilai amaliyah Islam Nahdlatul Ulama sebagai proses dalam mengembangkan kader yang berorganisasi serta berwawaskan Ahlusunnah wal Jama’ah diaplikasikan melalui beberapa kegiatan amaliyah yang dilaksanakan seperti pembiasaan sholat dhuha, Majlis dzikir dan sholawat, ziarah kubur, peringatan hari Besar Islam, khatmil Al-Qur’an, dan lain sebagainya, serta (3) dalam pengembangkan kader pelajar NU, organisasi PK IPNU IPPNU didukung oleh pihak madrasah seperti adanya sarana, prasarana, dan fasilitas yang memadai, Sumber Daya Manusia yang disesuikan dengan bidangnya, kerja sama dari pihak luar madrasah. Sedangkan hambatannya dominan berasal dari internal madrasah seperti kurangnya minat dan keaktifan siswa dalam berorganisasi, kurang jelasnya komunikasi dan struktur organisasi karena masih pada tahap penyesuaian menjadi organisasi intra.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:01
Last Modified: 22 Jun 2022 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19548

Actions (login required)

View Item View Item