Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ajaran Sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan dan Ading Kusdiana

Efendi, Miftakhul Huda (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ajaran Sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan dan Ading Kusdiana. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180368_MIFTAKHUL HUDA EFENDI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Efendi, Miftakhul Huda. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ajaran Sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan dan Ading Kusdiana. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag.
Kata kunci : Nilai-nilai, Pendidikan Islam, dan Ajaran Sunan Gunung Djati
Nilai pendidikan Islam merupakan perintah atau keyakinan untuk bertindak sesuai dengan ajaran Islam untuk menghasilkan manusia yang terpelajar dan bermoral. Nilai pendidikan bisa kita ambil dari suatu ajaran yang sesuai dengan pedoman Islam yaitu al-Qur’an dan Hadist. Terdapat juga dalam ajaran Pendidikan Islam suatu tokoh seperti Sunan Gunung Djati. Sunan Gunung Djati merupakan seorang wali yang mengajarkan ajaran pendidikannya berupa ilmu pengetahuan seperti Al-Qur’an dan Hadis, Tasawuf, serta Islamisasi tradisi. Dan dalam penyampaian pendidikannya menggunakan metode yang mudah diterima oleh masyarakat. Nilai pendidikan yang diajarkan oleh sunan Gunung Djati tertuang dalam ipat-ipat, wewekas, serta petatah petitih yang didalamnya berisi tentang anjuran dan larangan dalam hal akidah atau keyakinan, anjuran tentang ibadah, dan juga perintah dan larangan untuk selalu berbuat baik kepada Allah dan sesama. Dalam Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama Di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan Dan Ading Kusdiana dibahas secara rinci terkait dengan ajaran pendidikan sunan Gunung Djati khususnya pada nilai-nilai pendidikan Islam seperti I’tiqodiyah, Amaliyah, dan Khulūqiya.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai Pendidikan Islam I’tiqodiyah dalam ajaran sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama Di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan Dan Ading Kusdiana (2) Nilai-nilai Pendidikan Islam Amaliyah dalam ajaran sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama Di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan Dan Ading Kusdiana (3) Nilai-nilai Pendidikan Islam Khulūqiya dalam ajaran sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama Di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan Dan Ading Kusdiana.
Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) atau “kualitatif literal”. Oleh karena itu teknik pengumpulan data yang tepat pada penelitian ini adalah kepustakaan yaitu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data literer yang berarti mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang berhubungan dengan objek pembahasan yang dimaksud. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh tersebut adalah metode content Analysis atau biasa disebut dengan istilah “analisis isi”.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Nilai-nilai Pendidikan Islam I’tiqodiyah dalam ajaran sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama Di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan Dan Ading Kusdiana adalah pemahaman Al-Qur’an dan Hadis, Tasawuf, dan Gagasan Pesantren. (2) Nilai-nilai Pendidikan Islam Amaliyah dalam ajaran sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama Di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan Dan Ading Kusdiana yaitu terdapat dalam pemahaman Al-Qur’an dan Hadis dan Islamisasi Tradisi. (3) Nilai-nilai Pendidikan Islam Khulūqiya dalam ajaran sunan Gunung Djati Menurut Buku Biografi Sunan Gunung Djati Sang Penata Agama Di Tanah Sunda Karya Wawan Hernawan Dan Ading Kusdiana yaitu Pesan berbuat baik dan larangan berbuat buruk serta tatanan etika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:53
Last Modified: 22 Jun 2022 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19544

Actions (login required)

View Item View Item