..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru Dalam Meningkatkan Sikap Peduli Sosial Siswa Melalui Materi Empati Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTs Al-Mujaddadiyyah Demangan Madiun

Sulistianingrum, Suci (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru Dalam Meningkatkan Sikap Peduli Sosial Siswa Melalui Materi Empati Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTs Al-Mujaddadiyyah Demangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180076_Suci Sulistianingrum_T IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Suci, Sulistianingrum, 2022. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Sikap Peduli Sosial Siswa
Melalui Materi Empati Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII MTs Al-Mujaddadiyyah
Demangan Madiun. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.M. Syafiq
Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Sikap Peduli Sosial, Materi Empati Pada Mata Pelajaran IPS
Sikap peduli sosial penting untuk dimiliki oleh setiap siswa dengan adanya kepedulian
siswa terhadap lingkungannya akan membuat siswa menjadi pribadi yang baik. Sikap peduli
sosial merupakan sikap seseorang untuk saling membantu dan menolong orang lain yang
kesulitan. Untuk membentuk serta meningkatkan sikap peduli sosial siswa perlu adanya
dukungan, bimbingan serta upaya dari guru. Guru dalam meningkatkan kepedulian sosial dengan
pembelajaran IPS melalui materi empati yang ada paa mata pelajaran IPS di kelas VII.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan upaya guru sebagai pendidik dalam
meningkatkan sikap peduli sosial siswa melalui materi empati pada mata pelajaran IPS di kelas
VII MTs Al-Mujaddadiyyah, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam
meningkatkan sikap peduli sosial siswa, dan (3) mendeskripsikan dampak dari upaya guru
sebagai pendidik dalam meningkatkan sikap peduli sosial siswa melalui empati pada mata
pelajaran IPS di kelas VII MTs Al-Mujaddadiyyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus
yang dilakukan untuk mengungkap upaya guru dalam meningkatkan sikap peduli sosial melalui
materi empati pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs Al-Mujaddadiyyah Demangan Madiun.
Dalam penelitian terdapat informan yang meliputi kepala sekolah, guru IPS kelas VII, dan
Siswa-siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman
dan Sadana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan
kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Upaya guru dalam meningkatkan sikap peduli
sosial siswa dengan melalui materi empati pada mata pelajaran IPS guru memberikan penjelasan
mengenai materi empati, guru menyuruh siswa untuk membentuk kelompok belajar, guru
memberikan tugas pada siswa, pengondisian kelas saat ada siswa yang ramai guru memberikan
pertanyaan agar siswa dapat menghargai guru yang sedang mengajar serta guru memberikan
salam pada siswa saat akan memulai pembelajaran. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan
sikap peduli sosial siswa dengan adanya kegiatan sosialisasi, kerja bakti dan penggalangan dana.
Sedangkan faktor penghambatnya kebiasaan siswa yang sering bermain gadget sampai larut
malam yang membuat siswa berkurangnya istirahat dan menyebabkan kurang fokus dalam
pembelajaran. (3) Dampak dari upaya guru dalam meningkatkan sikap peduli sosial siswa yaitu
siswa mampu menolong sesama, siswa saling berbagi dengan temannya, dan siswa mampu
bekerja sama baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:53
Last Modified: 22 Jun 2022 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19543

Actions (login required)

View Item View Item