..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS,UPLOAD ULANG)...Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru di MAN 1 Ngawi

Dewi, Anggun Kurnia (2022) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS,UPLOAD ULANG)...Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru di MAN 1 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180076_ANGGUN KURNIA DEWI_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dewi, Anggun Kurnia. Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru di MAN 1 Ngawi. Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Etos Kerja, Guru.
Kepala madrasah sebagai atasan suatu lembaga pendidikan dituntut untuk bertugas dan bertanggung jawab sebagai sumber solusi bagi permasalahan yang muncul di madrasah. Kepala madrasah idealnya menguasai kompetensi dalam rangka meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan untuk bekerja dan berfikir bersama dalam mewujudkan pendidikan unggul di madrasah. Pendidik dituntut untuk memiliki dasar kepribadian yang baik ketika bekerja yang disebut etos kerja guru. Kepala madrasah selain berperan sebagai pemimpin juga harus aktif dalam kegiatan supervisi pendidikan. Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah hendaknya mampu merangsang semangat tenaga pendidik ketika mengajar. Tingginya etos kerja guru akan menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tahapan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di MAN 1 Ngawi, (2) memaparkan keberhasilan penerapan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di MAN 1 Ngawi.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang berciri khas deskriptif dan cenderung analisis. Pada penelitian kualitatif ini, peneliti berperan sebagai kunci pengumpul data. Lokasi penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah Madrasah Aliyah Negeri 1 Ngawi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian prosedur pengumpulan datanya menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa (1) Tahapan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru diantaranya (a) Perencanaan: direncanakan setahun sebelumnya oleh waka kurikulum dan tim akademik, jadwal supervisi akademik bersifat fleksibel, pemilihan teknik atau metode supervisi akademik bersifat fleksibel, instrumen supervisi akademik dipilih langsung oleh kepala madrasah (b) Pelaksanaan: teknik atau metode supervisi akademik yang digunakan adalah observasi langsung ke kelas. Instrumen supervisi menggunakan observasi dan angket, pra observasi diadakan rapat dinas, pasca observasi dilaksanakan pengolahan hasil observasi (c) Evaluasi: terdapat pembinaan langsung dan tidak langsung, terdapat pembinan pribadi kepada guru yang bermasalah, kepala madrasah memberi apresiasi kepada guru yang berprestasi, kepala madrasah memberi teguran kepada guru yang kinerjanya kurang dan kepala madrasah memberi kesempatan kepada guru untuk mengikuti program pengembangan kompetensi guru (2) Keberhasilan supervisi akademik dalam meningkatkan etos kerja guru di MAN 1 Ngawi diantaranya (a) Unjuk kemampuan mengajar guru di MAN 1 Ngawi secara umum sudah baik menurut standar kompetensi yang dilihat dari PKG (Penilaian Kinerja Guru) (b) Kemampuan penguasaan bahan ajar guru sudah baik. (c) Meningkatnya partisipasi guru selain mengajar di kelas yakni mengikuti kegiatan yang diadakan madrasah dan juga kegiatan pengembangan kompetensi guru di luar madrasah. (d) Dedikasi guru MAN 1 Ngawi secara keseluruhan sudah baik. (e) Meningkatnya kemampuan guru dalam mengadakan penelitian yakni pembuatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sebagai evaluasi dan solusi pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta guru juga berperan sebagai pembimbing riset siswa dalam lomba karya tulis ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:51
Last Modified: 22 Jun 2022 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19541

Actions (login required)

View Item View Item