..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Penerapan Strategi Mind Mapping Dalam Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN 4 Ponorogo

Putriani, Refian (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Penerapan Strategi Mind Mapping Dalam Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putriani, Refian. 2022. Penerapan Strategi Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Kemapuan Memecahkan Masalah Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd..
Kata Kunci: Strategi mind mapping, minat, kemampuan memecahkan masalah, IPS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa proses pembelajaran IPS yang kurang menarik dan membosankan. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah. Selain itu, mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang mempunyai bahan bacaan yang banyak. Sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan hasil dari nilai ulangan harian siswa masih kurang memuaskan. Terlihat hampir seluruh siswa kelas V B mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebagai bukti bahwa minat belajar dan kemampuan memecahkan masalah siswa masih tergolong kategori rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan strategi mind mapping dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran IPS siswa kelas V, dan (2) mendeskripsikan hasil dari penerapan strategi mind mapping dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pelajaran IPS kelas V.
Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilaksanakan di MIN 4 Ponorogo. Subjek penelitian ini siswa kelas V B sebanyak 20 siswa (terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan). Penelitian ini menggunakan dua siklus. Analisis data menggunakan analisis kualitatif termasuk pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan, 1) Pelaksanaan penerapan strategi mind mapping langkah-langkahnya yaitu, pembagian materi, pembentukan kelompok, pembagian alat dan bahan, arahan membuat mind mapping, proses membuat mind mapping dan presentasi hasil mind mapping. 2) Minat belajar siswa dibuktikan dengan angket pada siklus I mencapai 75% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Selain itu, melalui lembar observasi pada siklus I tidak ada yang masuk dalam kategori tinggi, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90% setelah mengalami perbaikan. Indikator yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu, perasaan senang dalam mengikuti pembelajaran, aktif dalam diskusi, dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Pada hasil kemampuan memecahkan masalah pada siklus I mencapai 20% meningkat menjadi 90% pada siklus II dengan indikator telah mencapai/melampaui KKM. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan memecahkan masalah mata pelajaran IPS siswa kelas V MIN 4 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:59
Last Modified: 22 Jun 2022 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19536

Actions (login required)

View Item View Item