PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI IAIN PONOROGO SEMESTER GASAL 2O21/2022

Sa'adillah, Aldho (2022) PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI IAIN PONOROGO SEMESTER GASAL 2O21/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi 210317293 Aldho Efbinawan Sa'adillah.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Sa’adillah, Aldho Efbinawan. 2022. Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran
Pada Masa Pandemi Covid-19 Di IAIN Ponorogo Semester Gasal 2021/2022. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata Kunci: Pemanfaatan, E-learning, Media Pembelajaran, Pandemi.
Krisis pandemi yang terjadi saat ini, telah mengubah paradigma bahwa pembelajaran harus
dilaksanakan dengan tatap muka menjadi sebuah paradigma klasik tentang pembelajaran.
Gangguan yang terjadi di dunia pendidikan akibat pengaruh Covid-19 sendiri menyebabkan
pergeseran sistem pendidikan dari tradisional menuju modern dengan menggunakan berbagai
teknologi yang ada. Meskipun demikian, pendidikan yang diaplikasikan dalam teknologi tidak
akan sama dengan pendidikan yang diaplikasikan dalam konsep konvensional (tatap muka).
Permasalahan dalam bidang pemerataan kesempatan pendidikan dan peningkatan mutu yang
berpengaruh terhadap relevansi dan perubahan budaya lokal, nasional dan global, serta perluasan
akses pendidikan masih menjadi PR pemerintah saat ini. E-learning merupakan salah satu program
yang di usung oleh pemerintah untuk memecahkan permasalahan. E-learning memungkinkan
peserta didik untuk belajar memahami materi di tempat masing-masing tanpa harus bertemu secara
face to face di kelas dengan gurunya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan upaya pemanfaatan E-learning
sebagai media pembelajaran di FTIK IAIN Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang
dihadapi dalam pemanfaatan E-learning sebagai media pembelajaran di FTIK IAIN Ponorogo. (3)
Untuk memberikan solusi dari kendala dalam pemanfaatan E-learning sebagai media
pembelajaran di FTIK IAIN Ponorogo
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan kualitatif
pendekatan studi kasus serta dilaksanakan di IAIN Ponorogo tepatnya di Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan semester gasal 2021\2022. Seorang operator E-learning dan beberapa orang dosen
di jurusan yang di FTIK menjadi narasumber dalam penelitian ini, selain itu 6 orang mahasiswa
dari jurusan yang ada FTIK juga turut menjadi narasumber dalam penelitian ini. Adapun Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Untuk
menguji keabsahan data peneliti menggunaka triangulasi sumber yaitu memeriksa kembali data
yang diperoleh dari beberapa sumber yang berbeda.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Upaya Pemanfaatan E-learning sebagai
media pembelajaran di FTIK IAIN Ponorogo diterapkan dalam berbagai kegiatan. E-learning
dalam kegiatan pembelajaran di FTIK biasanya digunakan untuk keperluan absensi, pemaparan
materi, tugas dan ujian tengah serta akhir semester. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan
fitur video call yang ada di E-learning untuk menjelaskan materi. Bahkan E-learning juga
digunakan untuk kegiatan tugas akhir berupa skripsi. (2) Ada dua kendala utama yang terjadi di
E-learning ketika proses pembelajaran berlangsung. Pertama yakni sistem E-learning yang sering
down dan menyebabkan dosen maupun mahasiswa kesulitan login. Hal inilah yang membuat para
dosen beralih menggunakan pilihan media pembelajaran online yang lainnya. Kedua yakni SDM,
karena kurang pemahaman dosen dan mahasiswa dalam penggunaan E-learning. (3) Solusi yang
diberikan kampus untuk mengatasi kendala pada sistem E-learning adalah melakukan perbaikan
dan pembaharuan web E-learning. Sedangkan dari kendala SDM pihak birokrasi memberikan
pelatihan kepada dosen untuk meningkatkan kompetensi dalam penggunaan E-learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:54
Last Modified: 22 Jun 2022 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19534

Actions (login required)

View Item View Item