Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro Tahun Pelajaran 2021/2022

Wulandari, Diah (2022) Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180057 Diah Wulandari Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan salah satu faktor untuk menunjang mutu pendidikan. Disiplin menjadi penentu berhasil atau tidaknya visi atau misi sekolah dan ruang lingkup yang lebih luas. Dengan disiplin dapat menjauhkan siswa melakukan hal-hal yang dilarang sekolah dan mendorong siswa melakukan hal-hal yang baik dan benar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMAN 1 Purwantoro yaitu sebanyak 32% siswa yang kurang disiplin atau masih melakukan pelanggaran seperti tidak segera masuk kelas ketika bel berbunyi, berpakaian tidak rapi serta tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan sebanyak 20% siswa melakukan pelanggaran lainnya seperti bermain gawai bahkan tidur di kelas saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini penting dilakukan mengingat persoalan kedisiplinan harus segera diselesaikan karena akan berdampak buruk bagi perilaku siswa. Oleh karena itu perlu dikaji lagi mengenai hal yang mempengaruhi kurangnya kedisiplinan siswa. Kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh faktor internal yaitu yang mempengaruhi dalam diri individu, sedangkan faktor eksternal yang diantaranya diduga dipengaruhi oleh pelaksanaan tata tertib sekolah dan pergaulan teman sebaya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2021/2022, (2) mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2021/2022, (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah dan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expostfacto. Jumlah populasi sebanyak dan jumlah sampel sebanyak 116 responden dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan (1) ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan tata tertib sekolah teradap kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2021/2022. Besar pengaruhnya adalah 13% sedangkan 87% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang sedang tidak diteliti. Dengan garis regresi Y= 34,363 + 0,435X1. (2) ada pengaruh yang signifikan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro. Besar pengaruhnya adalah 18% sedangkan 82% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang sedang tidak diteliti. Y = 38,934 + 0,426X2. (3) ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan tata tertib sekolah dan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro. Besar pengaruhnya adalah 23% sedangkan 77% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang sedang tidak diteliti. Dengan garis regresi Y = 22,253 + 0,308X1+ 0,347X2.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:49
Last Modified: 22 Jun 2022 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19530

Actions (login required)

View Item View Item