Penerapan Media Gambar Kliping Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Ma'arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022

Putri, Widiya Dewi Melinia (2022) Penerapan Media Gambar Kliping Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Ma'arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180247_Widiya Dewi Melinia Putri_PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Melinia Putri, Widiya Dewi. 2022. Penerapan Media Gambar Kliping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Ma’arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.

Kata Kunci: Media Gambar, Motivasi Belajar, IPA.

Permasalahan yang melatarbelakangi adanya penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo yang belum sesuai dengan harapan. Terdapat beberapa indikator dari permasalahan tersebut, diantaranya masih terdapat beberapa siswa yang tidak bersemangat ketika mengerjakan tugas pada pembelajaran IPA yang diberikan oleh guru dengan hanya menunggu koreksi jawaban dari teman yang lain, ketika diberi pertanyaan oleh guru hanya beberapa siswa yang mau menjawab dan menyampaikan pendapat, selain itu ketika pembelajaran IPA di kelas, jarang ada siswa yang bertanya terkait materi IPA yang diajarkan oleh guru. Permasalahan terkait motivasi belajar tersebut berpengaruh pada hasil belajar IPA yang diperoleh siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi biasanya memiliki hasil belajar yang tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar yang belum memuaskan biasanya memiliki hasil belajar yang kurang memuaskan pula. Permasalahan lain yang ditemukan adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA kurang menarik atau kurang bervariasi, sehingga siswa cenderung tidak bersemangat ketika pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik agar siswa termotivasi dalam belajar, salah satunya dengan menerapkan media gambar kliping pada pembelajaran IPA dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan media gambar kliping dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022, (2) mengetahui bagaimana penerapan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Ma’arif Ponorogo yang berjumlah 35 siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) motivasi belajar siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo pada pembelajaran IPA dengan menerapkan media gambar kliping mengalami peningkatan pada setiap siklus. Berdasarkan data yang diperoleh dari siklus I dan siklus II diketahui bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui dari jumlah siswa yang mendapat predikat sangat baik sejumlah 17,14% atau 6 siswa meningkat menjadi 31,43% atau 11 siswa, siswa yang mendapat predikat baik dari jumlah 51, 43% atau 18 siswa meningkat menjadi 54,29% atau 19 siswa, siswa yang memperoleh predikat cukup mengalami penurunan dari 17,14% atau 6 siswa menjadi 8,57% atau 3 siswa, dan siswa yang memperoleh predikat kurang sekali juga mengalami penurunan dari 14,29% atau 5 siswa menjadi 5,71% atau 2 siswa. (2) hasil belajar siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo pada pembelajaran IPA dengan menerapkan media gambar kliping mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal ini dilihat dari data hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai KKM berjumlah 20 dari 35 siswa dengan presentase siswa yang tuntas sebesar 57% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebesar 43% atau 15 siswa, sedangkan pada siklus II ini sudah mengalami peningkatan, yaitu jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 28 dari 35 siswa dengan presentase siswa yang tuntas mencapai 80% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebesar 20% atau 7 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:41
Last Modified: 22 Jun 2022 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19525

Actions (login required)

View Item View Item