...(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN, SERTA GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Dukungan Orang tua dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 1 Jenangan Tahun Pelajaran 2021/2022.

Melani, Icha Rohmatul (2022) ...(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN, SERTA GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Dukungan Orang tua dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 1 Jenangan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180331_ICHA ROHMATUL MELANI_PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Melani, Icha Rohmatul. 2022. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Dr. Andhita Desy Wulansari, M.Si.

Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Minat, Prestasi Belajar PAI.

Prestasi belajar yaitu hasil belajar yang telah terlaksana melewati berbagai prosedur pelaksanaan belajar mengajar. Biasanya prestasi belajar diperlihatkan dari berbagai nilai jumlah mata pelajaran yang telah dilaksanakan oleh peserta didik yang di berikan dari pendidik atau guru. Pastinya seorang pendidik menginginkan hasil pembelajaran dapat berjalan secara maksimal dan mempunyai nilai yang diharapkan sesuai KKM. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, melalui wawancara dengan guru mata pelajaran PAI di SMPN 1 Jenangan Ponorogo, diperoleh informasi bahwa prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata adalah 70. Sedangkan nilai KKM pada mata pelajaran PAI adalah 75. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal yang meliputi faktor jasmani dan faktor rohani. Sedangkan faktor-faktor dukungan orang tua yaitu faktor lingkungan keluarga. Dan faktor-faktor minat belajar yaitu kemampuan, cita-cita, dan bakat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dukungan orang tua pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (2) mengetahui minat belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (3) mengetahui prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (4) mengetahui signifikasi pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (5) mengetahui signifikasi pengaruh minat terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (6) mengetahui signifikasi pengaruh dukungan orang tua dan minat terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022.
Untuk menjawab persoalan tersebut, maka penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan penelitian ex post facto, yang mana datanya berupa angka-angka. Populasi pada penelitian ini yakni semua siswa kelas VII yang berjumlah 215 siswa. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 140 siswa. Teknik sampling yang terdapay pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling sedangkan pada pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis pada penelitian menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan dari tahap analisis data tersebut ditemukan bahwa: (1) dukungan orang tua pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dikategorikan sedang dengan nilai prosentase 74,4%. (2) minat pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dikategorikan sedang dengan nilai prosentase 69,2%. (3) prestasi belajar tua pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori sedang dengan prosentase 70%. (4) dukungan orang tua berpengaruh secara signifikasi terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan prosentase sebesar 13,7%. (5) minat berpengaruh secara signifikasi terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan prosentase sebesar 32,8%. (6) dukungan orang tua dan minat berpengaruh secara signifikasi terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan prosentase sebesar 35,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:43
Last Modified: 22 Jun 2022 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19523

Actions (login required)

View Item View Item