Upaya Pengurus Madrasah Diniyah dalam Meningkatan Kemampuan Kognitif Santri melalui Kegiatan “Seminar dan Praktik Ubudiyah” di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan Ponorogo

Karisma, Anis (2022) Upaya Pengurus Madrasah Diniyah dalam Meningkatan Kemampuan Kognitif Santri melalui Kegiatan “Seminar dan Praktik Ubudiyah” di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Perpus Anis Karisma.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya problem pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan Ponorogo. Pembelajaran yang telah dilaksanakan belum tuntas karena belum semua peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Oleh karena itu, pengurus pondok mengembangkan kegiatan inovasi yakni “Seminar dan Praktik Ubudiyah” untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelaksanaan kegiatan “seminar dan praktik ubudiyah”, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan “seminar dan praktik ubudiyah”, 3) mengetahui implikasi kegiatan “Seminar dan Praktik Ubudiyah” terhadap peningkatan kognitif santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan Ponorogo
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dan ketekunan peneliti.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanakan kegiatan “Seminar dan Praktik Ubudiyah” di PPTQ Al-Hasan Ponorogo memiliki pola rangkaian aktivitas berikut: pembukaan, pembacaan kitab rujukan, penyampaian materi dan praktik ubudiyah, sesi tanya jawab, sambutan ustadz, dan penutupan. Dalam kegiatan tersebut pengurus memiliki peran dalam merencanakan, melaksanakan, mengawasi, serta melakukan evaluasi. 2) Faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan “Seminar dan Praktik Ubudiyah” di PPTQ Al-Hasan Ponorogo adalah kehadiran ustadz dan santri, perencanaan dan persiapan kegiatan yang optimal, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat kegiatan tersebut adalah ketidakhadiran ustadz, waktu pelaksanaan yang terbatas, dan ketidakdisiplinan santri. 3) Kegiatan “Seminar dan Praktik Ubudiyah” meningkatkan kemampuan kognitif santri di PPTQ Al-Hasan Ponorogo. Kegiatan tersebut bukan hanya menjadikan siswa mampu mengetahui dan memahami materi ubudiyah, namun mereka juga mampu menerapkan, menganalisis materi dan praktik tentang ubudiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:43
Last Modified: 22 Jun 2022 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item