PERAN JAMAAH MANAQIB MAULID ROTIB TA’LIM SANTRI PUTRI (JAMMSANTRI) DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS MASYARAKAT DESA BARENG PUDAK PONOROGO

SYAROH, SITI (2022) PERAN JAMAAH MANAQIB MAULID ROTIB TA’LIM SANTRI PUTRI (JAMMSANTRI) DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS MASYARAKAT DESA BARENG PUDAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180445_SITI SYAROH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Spiritualitas sebagai kemampuan untuk memahami dan memecahkan segala masalah yang berkaitan dengan nilai dan
substansi. Spiritualitas dalam kehidupan sangat penting, yaitu untuk mendorong semangat menjadi diri lebih baik dan untuk menemukan makna dan tujuan hidup menjadi insan kamil.
Menempatkan bermacam-macam kegiatan dalam perjalanan hidup, juga dapat mengukur atau menilai bahwa salah satu kegiatan atau proses kehidupan tertentu lebih bermakna dari yang lainnya. Problematika penelitian ini, masyarakat Desa Bareng memiliki banyak aktivitas yang diantaranya adalah petani, pedagang, peternak dengan kesibukan dunia nya, banyak dari kalangan yang melupakan kewajibannya bahkan hampir semua ibu rumah tangga memiliki kesibukan dan pekerjaan utama peternak sapi perah. Jammsantri merupakan solusi kegiatan keagamaan sebagai penghibur atau pembuka hati untuk lebih mendalami nilai sosial keagamaan, sehingga tidak hanya fokus pada dunia saja tetapi juga menyiapkan bekal untuk kehidupan di akherat kelak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran
jamaah manaqib maulid rotib ta’lim santri putri (jammsantri)
untuk meningkatkan spiritualitas masyarakat Desa Bareng dan
(3) sumbangan jammsantri melalui kegiatan sosial keagamaan
pada masyarakat Desa Bareng.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif penelitian fokus pada study kasus tentang kegiatan keagaamaan di Desa Bareng untuk meningkatkan nilai
spiritualitas masyarakat dengan adanya peran jamaah manaqib,
maulid, rotib, ta’lim santri putri (jammsantri). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data mengamati, interaktif model milik Miles dan Hubermen dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Peran jammsantri
melalui berdzikir dan berdoa untuk membangun keyakinan, sabar untuk memperdalam penghayatan, ikhlas untuk memperluas pengamalan, empati dan berjiwa besar untuk memperdalam peribadatan dan jujur untuk menambah wawasan pengetahuan. (2) Sumbangan jammsantri melalui sosial keagamaan dalam membangun keyakinan yakni dapat meningkatkan ketauhidan, meningkatkan ketaqwaan dan meningkatkan keimanan. Pada aspek peribadatan dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah yaitu untuk menguatkan ibadah mahdah dan ghoiru mahdhah, pada aspek penghayatan kehidupan untuk mengembangkan nilai-nilai akidah dan peningkatan moral, aspek pengetahuan untuk meningkatkan ketekunan dan kebijaksanaan, dan pengamalan yaitu penguatan religiusitas dan membangun Ukhuwah Islamiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MAMBA'UL NGADIMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:45
Last Modified: 22 Jun 2022 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19520

Actions (login required)

View Item View Item