Manajemen Pembelajaran Al-Qur'an Metode Usmani Dalam MEningkatkan Mutu Bacaan Al-Qur'an Siswa (Studi Kasus di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo)

Fadhilah, Kurnia Imroatul (2022) Manajemen Pembelajaran Al-Qur'an Metode Usmani Dalam MEningkatkan Mutu Bacaan Al-Qur'an Siswa (Studi Kasus di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180031_KURNIA IMROATUL FADHILAH_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Imroatul F, Kurnia, 2022. Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Usmani Dalam Meningkatkan Mutu Bacaan Al-Qur’an Siswa Studi Kasus di SMP Islam Thoriqul Huda Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Nur Rahmi Sonia M.Pd.

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Metode Usmani, Bacaan Al-Qur’an

Pembelajaran adalah kegiatan yang di dalam pelaksanaannya melibatkan guru dan siswa. Salah satu kegiatan pembelajaran dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an adalah pembelajaran yang mengajarkan cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai dengan makhraj dan tajwid serta cara menulis dan memahami arti Al-Qur’an. Oleh karena itu perlu ada manajemen pembelajaran Al-Qur’an yang baik agar tercapai tujuan pembelajaran Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan pembelajaran dengan metode usmani dalam meningkatkan mutu bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode usmani dalam meningkatkan mutu bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. (3) Mengetahui evaluasi pembelajaran dengan metode usmani dalam meningkatkan mutu bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan demikian, hasil penelitian nantinya berisi konsep, penerapan strategi, dan dampak manajemen pembelajaran dengan metode Usmani dalam meningkatkan mutu bacaan Al-Qur’an siswa di SMP Islam Thoriqul Huda Ponorogo tersebut. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah teknik dari Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Pada pembelajaran Al-Qur’an metode usmani di SMP Islam Thoriqul Huda, Perencanaan pembelajaran di awali dengan rapat untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai, strategi pembelajaran yaitu metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an, ustadzah pengampu dan media yang digunakan. RPP yang digunakan sebagai perencanaan pembelajaran metode usmani mengacu pada pedoman pembelajaran yang telah di susun oleh Koordinator pusat. Dalam pemilihan guru pengampu yaitu yang sudah mendapat sertifikat PGPQ ataupun BBQ dan sudah mengikuti tashih. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, ustadzah pengampu menggunakan langkah-langkah mengajar yang sesuai dengan RPP dan buku panduan mengajar metode usmani. kegiatan pembelajaran Al-Qur’an metode usmani terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun untuk materi tambahan, setiap ustadzah menambahkan materi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Untuk kelas 7 materi tambahan meliputi menulis huruf arab, hafalan bacaan sholat dan asmaul husna. Adapun materi tambahan kelas 9 berupa membaca surat-surat pilihan seperti Al-Waqiah, Al-Mulk dan Al-jumu’ah serta membaca Al-Qur’an. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan bacaan siswa dan dilaksanakan sesuai dengan buku panduan mengajar metode usmani. Adapun test/evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi sumatif dan formatif. Evaluasi formatif terdapat dua tahap evaluasi yaitu tes pelajaran yang dilakukan setiap setiap saat/ pertemuan (harian) yang ditentukan ustadzah pengampu dan evaluasi kenaikan jilid. Sedangkan evaluasi sumatif yaitu Evaluasi/test pada ujian akhir semester yang nantinya nilai pada evaluasi ini masuk pada nilai raport.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:48
Last Modified: 22 Jun 2022 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19518

Actions (login required)

View Item View Item