..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG FILE FORMAT PDF)...Pengaruh Status Sosial-Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Siswa terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak MTs Tri Bhakti Pagotan Madiun Tahun Ajaran 2021-2022

Suryaningsih, Wiwik (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG FILE FORMAT PDF)...Pengaruh Status Sosial-Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Siswa terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak MTs Tri Bhakti Pagotan Madiun Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suryaningsih, Wiwik. 2022. Pengaruh Status Sosial-Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Siswa terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak MTs Tri Bhakti Pagotan Madiun Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulandari, M.Si.
Kata Kunci: Status Sosial-Ekonomi, Motivasi, Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah hasil belajar dari siswa yang berbentuk angka, simbol maupun nilai maupun kalimat yang mencerminkan adanya perubahan yang lebih baik dalam mengikuti proses pembelajaran, yang dapat menghasilkan perubahan dalam ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam setiap siswa. Prestasi belajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, supaya pendidikan memiliki perubahan yang lebih baik setiap tahunnya. Pada realita sekarang banyaknya prestasi belajar yang rendah, tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang sudah ditetapkan, Hal ini dapat terlihat pada rata-rata prestasi belajar pada pelajaran Akidah Akhlak di Mts Tri Bhakti. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada setiap siswa. Adanya faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi prestasi belajar. Faktor eksternal yang disebabkan dari luar diri siswa, adapun salah satu contohnya merupakan status sosial ekonomi orang tua. Sedangkan faktor internal yang disebabkan dalam diri siswa, salah satu contohnya adalah motivasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan; 2) mengetahui status sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan; 3) mengetahui motivasi siswa kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan; 4) mengetahui signifikan pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar pada pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan; 5) mengetahui signifikan pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar pada pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan; 6) mengetahui signifikan pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar Akhidah Akhlak kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang datanya berupa angka-angka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan dengan jumlah 55 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena populasi relatif kecil yaitu kurang dari 100, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Adanya instrumen pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi untuk mencari informasi prestasi belajar Akidah Akhlak yaitu nilai UAS (Ulangan Akhir Semester) dan menggunakan angket untuk mengetahui status sosial ekonomi orang tua dan motivasi siswa.
Berdasarkan hasil analisis yang ditemukan pada siswa kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan bahwa 1) prestasi belajar pelajaran Akidah Akhlak termasuk kategori sedang dengan persentase 75%. 2) status sosial ekonomi termasuk kategori sedang dengan persentase 71%. 3) motivasi siswa termasuk kategori sedang dengan persentase 75%. 4) status sosial ekonomi berpengaruh signifikan dengan persentase sebesar 24,7%. 5) motivasi siswa berpengaruh signifikan sebesar 18,1%. 6) status sosial ekonomi dan motivasi siswa berpengaruh secara signifikan sebesar 32,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:44
Last Modified: 22 Jun 2022 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19517

Actions (login required)

View Item View Item