..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...PENINGKATAN NILAI RELIGIUS DAN APLIKASINYA MELALUI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR'AN AHMAD DAHLAN SIMAN PONOROGO

Widodo, Wahyu (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...PENINGKATAN NILAI RELIGIUS DAN APLIKASINYA MELALUI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR'AN AHMAD DAHLAN SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180462 WAHYU WIDODO ETHESES.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Widodo, Wahyu. 2022. Peningkatan Nilai Religius dan Aplikasinya Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Ahmad Dahlan Siman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembiming Erwin Yudi Prahara, M.Ag

Kata Kunci: Nilai Religius, Program Tahfidz Al-Qur’an
Perilaku santri yang kurang mencerminkan nilai religius menjadi keprihatinan tersendiri bagi pondok dan masyarakat. Karenanya santri yang seharusnya bisa menjadi generasi dan contoh yang baik, namun terkadang justru sebaliknya. Melihat problematika seperti ini tentu menjadi PR bagi seorang pendidik. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana program tahfidz al-Qur’an di PPTQ “Ahmad Dahlan” Siman Ponorogo dapat memberikan kontribusi terhadap nilai religius santri. Serta dari adanya program tahfidz al-Qur’an ini diharapkan dapat memberikan kemanfaatan bagi semuanya terutama bagi pondok.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di PPTQ Ahmad Dahlan Siman Ponorogo (2) Untuk mengetahui hasil nilai religius siswa setelah mengikuti program tahfidz al-Qur’an di PPTQ Ahmad Dahlan Siman Ponorogo.

Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah induktif dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Program tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an “Ahmad Dahlan” Siman Ponorogo, dilaksanakan setiap hari kecuali hari ahad, mereka pagi menyetorkan hafalan baru siang muraja’ah mandiri dan malam tahsin atau muraja’ah bersama mushrif, mereka mengunakan cara sendiri-sendiri dalam menghafal al-Qur’an, untuk mencapai sebuah tujuan hafalan santri ditarjed dengan santri SMP 15 juz dan santri SMA 15 juz, teknis pelaksanaan tahfidz dilakukan dengan cara seluruh santri duduk dan maju satu persatu, sebagai evalusi setiap santri mendapatkan hafalan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 15 juz dan 30 juz diadakan ujian (tasmi’), ujian dilakukan tanpa melihat al-Qur’an dan dilaksanakan di PPTQ “Ahmad Dahlan” Siman Ponorogo. (2) Nilai religius santri setelah mengikuti program tahfidz al-Qur’an menjadi lebih semangat dalam menjalankan ibadah mahdhah seperti selalu menjalankan shalat wajib berjama’ah di masjid, menjalankan puasa, menghafal al-Qur’an, mereka juga disiplin dalam menyetorkan hafalan meskipun masih ada satu atau dua santri yang bandel, mereka sungguh-sungguh dalam menghafal al-Qur’an, ketika diberi tugas oleh ustaz mereka amanah, dan sopan santunnya sangat menghormati dan patuh kepada orang tua, di pondok mereka sangat menghormati kepada ustaz, teman, dan juga kepada siapapun termasuk kepada tamu yang datang ke pondok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:37
Last Modified: 22 Jun 2022 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19516

Actions (login required)

View Item View Item