Peran Majelis Taklim Miftahul Hidayah Dalam Meningkatkan Kesadaran dan Pemahaman Ilmu Agama Islam Bagi Masyarakat Desa Bandaralim, Kecamatan Badegan, Ponorogo

Sari, Indri Via Yunita (2022) Peran Majelis Taklim Miftahul Hidayah Dalam Meningkatkan Kesadaran dan Pemahaman Ilmu Agama Islam Bagi Masyarakat Desa Bandaralim, Kecamatan Badegan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180107_INDRI VIA YUNITA SARI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Indri Via Yunita. 2022. Peran Majelis Taklim Miftahul Hidayah Dalam Meningkatkan Kesadaran dan Pemahaman Ilmu Agama Islam Bagi Masyarakat Desa Bandaralim, Kecamatan Badegan, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Muhammad Heriyudanta M.Pd. I.

Kata Kunci: Majelis Taklim, Kesadaran, Pemahaman, Ilmu Agama

Di Desa Bandaralim telah berdiri Majelis Taklim, namun berdasarkan penjajagan awal di lapangan diketahui jika masyarakat Di Desa tersebut belum memiliki kesadaran pengamalan ilmu agama, materi agama yang diperoleh hanya tersimpan dalam pikiran dan tidak dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya kesadaran pengamalan ilmu agama tersebut diantaranya disebabkan karena masyarakat di Desa Bandaralim belum memahami ilmu agama secara mendalam, dimana dalam kegiatan praktik ibadah bersama beberapa masyarakat belum memahami materi bersuci dan sholat. Maka Majelis Taklim Miftahul Hidayah berupaya mewujudkan perannya dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman ilmu agama bagi masyarakat Bandaralim.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan Majelis Taklim Miftahul Hidayah, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran Majelis Taklim Miftahul Hidayah dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman ilmu agama Islam, 3) Mengetahui peran Majelis Taklim Miftahul Hidayah dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman ilmu agama Islam bagi masyarakat Desa Bandaralim, Kecamatan Badegan, Ponorogo.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dan menghasilkan data dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan diperkuat data dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kegiatan Majelis Taklim Miftahul Hidayah dilaksanakan pada hari selasa ba’da maghrib dengan jamaah para bapak, kemudian dilanjutkan jamaah para ibu. Jamaah remaja putri mengikuti majelis taklim pada hari minggu pagi di gedung majelis taklim. Kegiatan utama di majelis taklim yaitu pengajian kitab yang disampaikan oleh Ibu Suswati. Kitab yang dipelajari yaitu kitab safinatunnajah tentang fikih, kitab syiir sekar kedaton tentang kemuliaan wanita, kitab kifayatul atqiyak tentang tasawuf dan kitab qurrotul uyun tentang pernikahan. Dalam kegiatan majelis taklim diterapkan metode bandongan disertai contoh dan keteladanan. Selain itu diterapkan metode tanya jawab sebagai evaluasi atas pemahaman jamaah, 2) Faktor pendukung peran Majelis Taklim Miftahul Hidayah dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman ilmu agama yaitu semangat jamaah dan pengurus majelis taklim serta dukungan pemerintah Bandaralim dan secara umum juga menghadapi hambatan seperti manajemen majelis taklim yang belum tersistem dan hambatan dalam pendanaan, 3) Peran Majelis Taklim Miftahul Hidayah dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman ilmu agama Islam bagi masyarakat Bandaralim yaitu (a) membina aqidah/keimanan jamaah majelis taklim tentang iman kepada Allah hingga iman kepada qadha dan qadar yang kemudian menjadikan masyarakat lebih bersabar dan tawakkal atas ketetapan Allah, (b) penyelesaian permasalahan umat melalui diskusi dan konsultasi tentang masalah fikih dalam kitab safinatunnajah sehingga masyarakat Bandaralim mengerti masalah haid, nifas dan rutin melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah, (c) pendidikan keluarga sakinah, saat mempelajari kitab qurrotul uyun masyarakat Bandaralim memperoleh bekal ilmu rumah tangga dan melalui kitab syiir sekar kedaton masyarakat Bandaralim mengerti tata krama berumah tangga dan bisa memuliakan pasangan, (d) pemberdayaan kaum duafa melalui kegiatan santunan anak yatim, dalam kegiatan tersebut masyarakat kemudian terdorong untuk peduli serta terlibat dalam kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:35
Last Modified: 22 Jun 2022 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19513

Actions (login required)

View Item View Item