Peran Orang Tua Dalam Penerapan Aturan Berseragam Siswa Di MAN 2 Ponorogo

Fawaidah, Siti Faidatul (2022) Peran Orang Tua Dalam Penerapan Aturan Berseragam Siswa Di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180208_SITI FAIDATUL FAWAIDAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fawaidah, Siti Faidatul.2022. Peran Orang Tua Dalam Penerapan Aturan Berseragam Siswa di MAN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mughniatul Ilma, M.H
Kata Kunci: Peran, Orang tua, aturan dan aturan berseragam
Seorang siswa dalam mengikuti belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai aturan, salah satunya aturan berseragam. Di sekolah guru berperan sebagai penghubung, pembimbing dan membangun komunikasi pihak sekolah dengan orang tua siswa. peran guru dalam penerapan aturan berseragam hanya terbatas di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, dalam rangka menerapkan aturan berseragam bagi siswa, selain guru di sekolah, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam penerapan aturan berseragam bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memahami dan menganalisa yang berkaitan dengan penerapan aturan berseragam siswa di MAN 2 Ponorogo. (2) Memahami dan menganalisa bagaimana peran orang tua dalam menerapakan aturan berseragam siswa di MAN 2 Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Dengan demikian, data-data yang diperoleh nantinya akan dianalisa degan teori-teori yang digunakan peneliti guna untuk menjawab dari pada rumusan masalah. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Penerapan aturan berseragam siswa di MAN 2 Ponorogo sebagian siswaanya menerapkan aturan berseragam dengan tertib dan mentaatinya. Meskipun masih ada sebagian siswa yang berseragam tidak sesuai dengan ketentuan madrasah, dalam arti telah melanggar aturan berseragam. Selain itu, apabila siswa melanggar aturan berseragam akan ada tindak lanjut dari madrasah untuk memberikan sangsi atau hukuman. Maka dari itu diharapkan siswa dapat menaati aturan berseragam sesuai dengan ketentuan madrasah. (2) Peran orang tua dalam penerapan aturan berseragam siswa di MAN 2 Ponorogo, bisa diklasifikasikan menjadi dua katagori peranan orang tua, yakniPertama, orang tua yang benar-benar aktif dalam memperhatikan anaknya, baik dari segi kedisiplinan maupun kerapian dalam berpakaian. Adapun bentuk-bentuk peran orang tua, yakni orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai pendorong, orang tua sebagai fasilitator, dan orang tua sebagai pengawas. Kedua,ada sebagian wali murid atau orang tua yang tidak berperan aktif dalam penerapan aturan berseragam siswa MAN 2 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:40
Last Modified: 22 Jun 2022 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19512

Actions (login required)

View Item View Item