...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU DI MTSN 5 NGAWI

Fauziah, Fira Ifah (2022) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU DI MTSN 5 NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180094_FIRA IFAH FAUZIAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fauziah, Fira Ifah. 2022. Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru di MTsN 5 Ngawi Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.I
Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Motivator, Etos Kerja
Kepala Madrasah merupakan bagian terpenting dan sangat berpengaruh dalam mengatur sekolah yang dipimpinnya. Tenaga pendidik dan pimpinan bisa diibaratkan seperti mobil dan kemudi mobil sehingga yang berperan dalam mengarahkan yaitu kemudi mobil atau kepala madrasah. Dilakukannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan etos kerja guru MTsN 5 Ngawi. Peran sebagai motivator ini terdiri dari strategi, pendekatan dan tindak lanjut kepala madrasah di MTsN 5 Ngawi. Karena pada saat pandemi covid-19 memberikan efek yang bergitu besar dalam banyak bidang termasuk pendidikan lebih spesifiknya pada semangat dan etos kerja guru dalam mengajar siswa. Berdasarkan observasi awal, MTsN 5 Ngawi memiliki guru dengan etos kerja cukup tinggi hal ini dipengaruhi oleh pemberian motivasi dari kepala madrasah yang cukup dominan dan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam peningkatan etos kerja. Sehingga dengan fenomena tersebut penelitian ini memaparkan bagaimana pemberian motivasi kepala madrasah kepada guru agar etos kerja dapat meningkat.
Untuk melihat bagaimana kepala madrasah dalam memberikan motivasi, digunakan metode penelitian kualitatif yaitu menguraikan proses berfikir secara induktif yang berhubungan dengan fenomena yang sedang diamati. pada pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Cara menganalisis data yaitu dengan mereduksi data, menyajikan dan menyimpulkan.
Dari hasil analisis dapat diperoleh di MTsN 5 Ngawi: 1) Strategi kepala madrasah antara lain mencontohkan kinerja dan etos kerja yang tinggi, memberikan reward kepada tenaga pendidik, melibatkan guru pada setiap program yang diselenggarakan, memberi tantangan dan tanggung jawab kepada guru, dan memberikan kegiatan pengembangan kepada tenaga pendidik. 2) Pendekatan yang dilakukan yaitu dengan menerapkan kedisiplinan kepada semua warga sekolah, memberikan motivasi dan dorongan secara terus menerus, melakukan penataan lingkungan sekolah dan menciptakan suasana nyaman dalam bekerja, dan pengadaan sumber belajar yang memadai. 3) tindak lanjut kepala madrasah setelah melakukan strategi dan pendekatan yaitu memberikan pembinaan dan teguran secara langsung dengan bahasa yang sopan, melakukan pemanggilan secara individu kepada guru yang bermasalah, mewajibkan deseminasi kepada guru yang telah mengikuti workshop diluar MTsN 5 Ngawi. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini yaitu untuk lebih terstruktur dalam pemberian tantangan guru dan lebih tegas dalam memberikan sanksi bagi warga sekolah yang tidak disiplin, setelah itu diharapkan guru dapat meningkatkan kedisiplinan dan guru diharapkan meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam membuat dan menggunakan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:46
Last Modified: 22 Jun 2022 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19511

Actions (login required)

View Item View Item