Nilai Karakter Birrul Walidain dalam Film Sejuta Sayang Untuknya dan Relevansinya dengan Buku Ajar Akidah Akhlak Kelas III Madrasah Ibtidaiyah.

Lestari, Masita Ayu (2022) Nilai Karakter Birrul Walidain dalam Film Sejuta Sayang Untuknya dan Relevansinya dengan Buku Ajar Akidah Akhlak Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180071_MASITA AYU LESTARI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lestari, Masita Ayu. 2022. Nilai Karakter Birrul Walidain dalam Film Sejuta Sayang Untuknya dan Relevansinya dengan Buku Ajar Akidah Akhlak Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Birrul Walidain, Film Sejuta Sayang Untuknya, Buku Ajar Akidah Akhlak MI

Gaya hidup di era globalisasi saat ini telah banyak menyebabkan longgarnya keharmonisan batin antara orang tua dan anak. Oleh sebab itu diperlukan suatu upaya untuk membudayakan sikap birrul walidain pada setiap anak. Pemanfaatan film sebagai media pembelajaran merupakan salah satu cara membudayakan sikap birrul walidain pada anak. Film Sejuta Sayang Untuknya adalah film yang cocok untuk mengatasi permasalahan ini karena banyak nilai karakter birrul walidain dalam film ini.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan nilai karakter birrul walidain dalam film Sejuta Sayang Untuknya produksi MD Pictures bersama Citra Sinema, dan (2) untuk menjelaskan nilai karakter birrul walidain dalam film Sejuta Sayang Untuknya serta relevansinya dengan buku ajar Akidah Akhlak MI kelas III.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data primer dalam penelitian ini yaitu film Sejuta Sayang Untuknya. Adapun data sekunder dalam penelitian ini adalah buku ajar Akidah Akhlak MI kelas III yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Indonesia tahun 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis data dalam film Sejuta Sayang Untuknya ditemukan nilai karakter birrul walidain berupa menjaga lisan di hadapan orang tua, menjaga sikap di hadapan orang tua, taat dan berhubungan baik kepada orang tua, serta berbakti setelah keduanya wafat. Keempat nilai karakter birrul walidain dalam film Sejuta Sayang Untuknya tersebut memiliki kesesuaian dengan buku ajar Akidah Akhlak MI kelas III pembahasan tentang akhlak terpuji dan akhlak tercela. Selain itu, nilai karakter birrul walidain ini juga berkaitan dengan instrumen penilaian yang terdapat dalam buku ajar Akidah Akhlak MI kelas III pelajaran 5 dan 6.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:37
Last Modified: 22 Jun 2022 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19505

Actions (login required)

View Item View Item