Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Metamorfosis Siswa Kelas IV SDN Menggare Slahung Ponorogo

Satriasari, Fety (2022) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Metamorfosis Siswa Kelas IV SDN Menggare Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180172_FETY SATRIASARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Satriasari, Fety. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Metamorfosis Siswa Kelas IV SDN Menggare Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Metamorfosis
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan kurang minat atau bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seorang guru ketika pembelajaran berlangsung hanya menggunakan metode ceramah dan monoton. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih belum maksimal dan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang masih dibawah KKM. Oleh karena itu diperlukan perubahan model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas IV SDN Menggare Slahung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Menggare Slahung Ponorogo yang berjumlah 16 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik siklus I meningkat menjadi 37,5%, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat drastis mencapai 75 %; dan 2) adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I menjadi 62,5 %, dan siklus II mencapai 75 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis kelas IV SDN Menggare Slahung Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:36
Last Modified: 22 Jun 2022 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19503

Actions (login required)

View Item View Item